Serba-Serbi dalam Membuat Soto Bening

By dina, Rabu, 23 November 2016 | 17:00 WIB
Serba-Serbi dalam Membuat Soto Bening (dina)

      SajianSedap.com – Bisa membuat soto bening sendiri tentu merupakan suatu kepuasan tersendiri, bukan? Soto bening yang lezat enak disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum makan berat. Ia juga cocok disajikan sendiri dengan nasi. Soto bening tradisional rasanya begitu segar dan menggiurkan. Kehangatannya membuat soto ini sangat cocok dimakan langsung di saat perut kosong.

      Ada jenis-jenis soto bening tradisional yang bisa kita coba, di antaranya adalah soto banjar, soto ayam, soto ambengan, soto kudus, soto bandung, coto makasar, dan tauto pekalongan. Pilihan bahannya juga bervariasi. Kita bisa membuatnya dari daging ayam atau daging sapi. Daging sapi sendiri bisa kita ganti dengan jeroan.

      Jika ingin membuat soto ayam, gunakanlah ayam kampung yang gemuk. Jangan gunakan ayam negeri. Bisa-bisa, kaldu yang didapat amis dan hambar rasanya. Apabila ingin soto daging sapi, daging sapi yang bisa kita gunakan adalah daging sandung lamur atau sengkel. Tetapi, kita bisa menggantinya dengan buntut, iga, atau jeroan. Soto jeroan pun bisa kita ganti isinya dengan bagian lain daging sapi.

      Untuk mempersiapkannya soto ayam, ayam bisa langsung direbus bersama bumbu, begitu juga daging sapi. Namun, untuk jeroan, ia harus direbus dahulu secara terpisah untuk menghilangkan bau amisnya. Rebus jeroan bersama bersama daun salam, serai, dan jahe. Setelah itu, buang air rebusannya dan rebus kembali jeroan di dalam soto.

      Agar kaldu enak dan gurih, yang bisa kita lakukan adalah merebus ayam dan daging sapi di dalam air panas sampai mendidih beberapa saat dan berbusa-busa. Buang air rebusannya. Nah, untuk jeroan, seperti yang tertera di bagian atas tadi, memang agak berbeda cara pengolahannya. Lebih baik, rebus dahulu hingga hilang amisnya.

      Rebus kembali ayam atau daging sapi dalam air dingin bersama bumbunya. Khusus daging sapi, lebih baik rebus dalam keadaan utuh, baru setelah matang ia dipotong-potong. Kuah akan lebih bening, daging pun cantik bentuknya. Agar tidak merepotkan, bumbu dan dedaunan bisa dibungkus di kain kasa agar bisa dengan mudah diangkat kalau soto sudah matang.

      Nah, itulah hal yang bisa kita perhatikan dalam membuat soto bening. Mari mencobanya di rumah. Keluarga pasti suka. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Serba-Serbi dalam Membuat Soto Bening