Membuat Susu Kedelai Sendiri? Mengapa Tidak?

By dina, Kamis, 24 November 2016 | 17:00 WIB
Membuat Susu Kedelai Sendiri? Mengapa Tidak? (dina)

      SajianSedap.com – Membuat susu kedelai sendiri bisa jadi solusi buat Anda yang menderita intoleransi laktosa. Selain itu, kedelai juga banyak mengandung fitoestrogen yang baik untuk tubuh, terutama perempuan. Membuat susu kedelai sendiri itu mudah karena bahannya mudah didapatkan. Prosesnya juga tidak begitu sulit.

      Susu kedelai merupakan susu nabati yang paling populer di Indonesia. Inti pembuatannya adalah mengejus kedelai dan mengambil sarinya, lalu dimasak agar steril.

      Proses pembuatan dimulai dengan meyiapkan bahan baku berupa kedelai segar. Kedelai dicuci kemudian ditiriskan. Seduh kedelai di air mendidih lalu tutup dan biarkan semalaman. Proses penyeduhan ini berguna agar kedelai jadi lembut dan membuka kulit arinya. Ini akan membuat kedelai mudah dibersihkan nantinya.

      Setelah diseduh, kedelai siap untuk dicuci agar kulit arinya terbuang. Nah, di proses ini akan sangat pas apabila kita mencucinya di air mengalir. Setelah benar-benar bersih, simpan sebagian airnya, lalu tiriskan kedelai. Kedelai yang telah diseduh ini siap untuk kita blender dengan sebagian air tadi hingga halus.

      Kedelai yang diblender halus bisa kita saring dengan cheesecloth. Peras hingga benar-benar tersisa ampasnya. Jika masih ada ampasnya, ampas tersebut bisa kita blender dengan sedikit air, lalu kita peras lagi. Langkah ini bisa kita ulang-ulang hingga kita yakin ampas kedelai yang ada sudah tidak bisa diperas.

      Susu kedelai mentah ini siap kita campur dan kita masak. Hati-hati, di tahap ini banyak orang yang menambahkan gula agar susu kedelai manis dan berasa. Padahal, jika menambahkan gula pasir saat dimasak, susu kedelai bisa terpisah.

      Akan lebih baik apabila kita membuat sirup gula sendiri atau simple syrup. Ketika susu kedelai selesai dimasak, barulah ia kita campur dengan simple syrup tersebut. Justru, kadar kemanisannya bisa kita kontrol dengan cara ini. Selain dicampur simple syrup, susu kedelai yang telah masak juga bisa kita tambahkan pewarna dan perasa. Saat mencampur, pastikan susu kedelai buatan kita sudah dingin, ya, Sobat SaSe.

      Nah, itulah langkah tepat dalam membuat susu kedelai sendiri. Selain mudah, dengan membuat sendiri kita bisa mendapatkan banyak hasilnya. Tidak hanya murah, ini juga bisa jadi peluang usaha, lho. (SP/DV)