Membuat Tahu Telur ala Jawa Timur

By dina, Sabtu, 26 November 2016 | 17:00 WIB
Membuat Tahu Telur ala Jawa Timur (dina)

      SajianSedap.com – Ternyata, membuat tahu telur ala Jawa Timur tidak sesulit yang kita bayangkan, lho. Tahu telur adalah jajanan khas Jawa Timur yang dibuat dari campuran telur dan potongan tahu yang digoreng lalu disantap bersama sayuran dan saus petis. Yang utama dari pembuatan hidangan ini adalah cara mengadoni telurnya, cara menggoreng, dan cara menggoreng sausnya. Kalau ketiganya dilakukan dengan benar, mestinya menghasilkan tahu telur yang sedap.

Adonan Tahu Telur

      Tahu telur dibuat dari potongan tahu yang dimasukkan ke dalam kocokan telur. Agar telur tidak patah dan bagus hasilnya, perhatikan hal-hal berikut.

Tahu yang Digunakan

      Tahu yang digunakan adalah tahu cina yang lembut, tetapi tidak banyak mengandung air.Pengembangan Tahu Telur

      Pengembangan tahu telur bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa bahan ke dalam tahu telur. Misalnya, udang, bayam, atau bahan lainnya. Anda juga bisa mengembangkan pelengkapnya. Pelengkap tahu telur hanyalah taoge yang direbus. Akan tetapi, Anda dapat mengembangkannya dengan menambahkan selada, mi, atau wortel.

Saus Tahu Telur

      Tahu di dalam telur yang sudah digoreng biasa disuguhkan bersama saus. Sausnya dibuat dari campuran kacang dan petis. Kacang tanahnya disangrai atau digoreng sampai kecokelatan lalu dihaluskan sampai berminyak. Setelah itu, baru ditambahkan petis.

Saus Tahu Telur yang Praktis

      Saus tahu telur bisa dibuat praktis. Misal, Anda tak perlu menggoreng atau menyangrai kacang. Tak perlu menghaluskan bumbu. Gunakan saja bumbu pecel, lalu tambahkan petis. Rasanya memang tidak sama persis sama dengan tahu telur yang asli, tetapi tetap enak.

       Nah, itulah hal yang harus kita perhatikan dalam membuat tahu telur ala Jawa Timur. Yuk, coba kita buat di rumah. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP