Yuk, Bikin Cake dari Apel Malang

By dina, Minggu, 27 November 2016 | 17:00 WIB
Yuk, Bikin Cake dari Apel Malang (dina)

      SajianSedap.com – Cake dari apel malang merupakan salah satu cara memanfaatkan buah yang banyak terdapat di sekitar kita. Apalagi buah ini terasa agak asam dan keras sehingga mungkin kurang lezat disantap sebagai buah meja.

      Cake apel malang adalah cake yang dibuat dengan metode butter type cake. Metode ini artinya mengocok dahulu margarin sampai lembut lalu telur dimasukkan satu per satu, alias tidak dikocok secara terpisah. Hasilnya adalah kue yang agak “berat” teksturnya, namun lezat dan mengenyangkan. Apalagi kandungan buah membuatnya cukup sehat.

      Dalam membuat cake dari buah apel, kita lebih baik menggunakan margarin. Walau judul metodenya adalah butter type cake, penggunaan mentega atau butter yang rasanya milky akan menutupi rasa asam segar dari apel. Jadi, margarin yang gurih dan ringan merupakan bahan yang lebih tepat untuk membuat cake apel malang.

      Berikut ini adalah cara tepat untuk membuat adonan cake apel malang. Pertama-tama, margarin dikocok dengan gula hingga lembut. Lamanya pengocokan merupakan hal yang sangat krusial. Paling tidak, margarin dikocok bersama gula selama 7 menit hingga lembut. Lalu, barulah telur bisa dimasukkan satu per satu bergantian dengan adonan kering seperti ayakan tepung terigu dan baking powder. Barulah setelah telur habis, sisa adonan kering bisa dimasukkan sambil terus dikocok dengan mixer.

      Nah, untuk penambahan apelnya sendiri, ia bisa digunakan dalam bentuk jus, apel parut, apel yang dipotong tipis, maupun apel yang dipotong dalam bentuk kotak. Apel di dalam cakenya bisa dicampurkan di adonan jika ia berbentuk jus apel dan apel parut. Ia juga bisa ditambahkan di tengah atau atas cake sebagai filling atau topping apabila ia berbentuk apel potong.

      Agar cake apel malang terasa lebih enak, kita juga bisa menambahkan rempah seperti kayumanis dan kulit jeruk. Penambahan rasa yang kontras dengan apel yang asam seperti keju asin juga bisa dilakukan agar rasa kue semakin kaya. Tekstur tambahan seperti streusel pun enak juga.

      Itulah hal-hal yang bisa kita lakukan agar kreasi seperti cake dari apel malang kita semakin mantap rasanya. Jika ingin resepnya, yuk, intip saja di website kesayangan Anda ini. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAPBaca juga: