Ikuti Tips Membuat Bacem Daging Sederhana di Rumah

By dina, Senin, 28 November 2016 | 17:00 WIB
Ikuti Tips Membuat Bacem Daging Sederhana di Rumah (dina)

      SajianSedap.com – Apabila ingin hidangan daging yang istimewa tanpa harus banyak usaha, ikutilah tips membuat bacem daging sederhana ini di rumah. Rasanya begitu lezat walaupun bumbunya simpel saja. Nah, teknik dalam membuatnyalah yang akan menentukan tekstur dan hasilnya. Jangan takut, ternyata itu tidak sesulit yang kita duga, lho.

      Bahan yang digunakan dalam membuat bacem daging adalah sengkel. Pasanya, daging ini tidak akan hancur apabila dimasak lama. Kandungan lemaknya juga cukup sehingga daging akan lembut dan juicy. Hal ini penting karena daging bacem melalui dua proses pemasakan yaitu merebus dan menggoreng. Perebusannya saja terdiri dari dua tahap.

      Dalam merebusnya, kita menggunakan dua jenis air yaitu air biasa dan air kelapa. Selain memiliki rasa yang gurih dan menyerap ke daging, air kelapa juga ampuh untuk mengempukkan daging. Air biasa kita pakai untuk merebus daging utuh. Jika merebusnya dua kali seperti ini, nantinya bacem daging yang dihasilkan akan bertekstur lembut.

       Untuk 500 gram daging sengkel, kita membutuhkan 1.000 ml air biasa dan 500 ml air kelapa. Bumbunya sederhana saja, cukup haluskan 5 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbarr, 2 cm lengkuas, 1 sendok teh garam, dan 100 gram gula merah sisir.

        Pertama-tama, rebus utuh daging tanpa dipotong di 1.000 ml air biasa. Tambahkan 2 batang serai, 2 lembar daun salam, dan 2 cm jahe untuk menetralkan aromanya. Rebus hingga setengah matang. Angkat dan potong seukuran satu porsi, kira-kira 6x6x1/2 cm. Sisihkan. Dengan merebusnya utuh seperti ini, bentuk daging tidak akan berubah lagi.

       Setelah diangkat, barulah daging direbus lagi di campuran air kelapa dan bumbu halus. Memasaknya harus di api kecil agar daging benar-benar empuk dan meresap bumbunya. Setelah itu, goreng daging di api sedang hingga kecokelatan.

      Nah, itulah tips membuat daging bacem sederhana di rumah. Dengan mengikutinya, dijamin hidangan buatan Anda akan terasa luar biasa walaupun memasaknya sederhana saja. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Bacem Daging Wangi

Ikuti Tips Membuat Bacem Daging Sederhana di Rumah