Cara Menyincang Daging untuk Siomay

By dina, Selasa, 29 November 2016 | 17:00 WIB
Cara Menyincang Daging untuk Siomay (dina)

      SajianSedap.com – Mari belajar membuat siomay dengan benar,termasuk mempelajari cara menyincang daging untuk siomay secara tepat. Pasalnya, beda daging, beda pula hasil yang kita capai.

      Sebenarnya, ada banyak jenis-jenis daging yang familiar sebagai siomay. Contohnya adalah ikan tenggiri, udang, kepiting, dan ayam. Jenis-jenis daging ini bisa dikombinasikan satu sama lain. Soalnya, rasanya akan saling melengkapi.

      Jika menggunakan satu jenis daging saja, sebaiknya sebagian daging dicincang sementara sebagiannya lagi dihaluskan. Hasilnya juga tidak boleh sama halus dengan yang diblender, tapi juga tidak boleh kasar. Kalau menggunakan dua atau tiga jenis daging, cincang salah satu jenis dagingnya.

      Ikan tenggiri cocok dipakai sebagai siomay karena bertekstur cukup lengket dan menyatu dengan tepung sehingga membentuk adonan yang homogen. Untuk menggilingnya, ikan haruslah dingin. Giling dengan blender atau gilingan daging secara berulang agar hasilnya lengket dan menyatu.

      Jika mengombinasikan ikan dengan bahan lain seperti udang dan ayam, sebaiknya ikan yang digiling halus. Udang dan ayam bisa dicincang halus, namun udang dicincang agak beda, yaitu hingga agak lengket. Kepiting bisa digiling halus karena jika dibiarkan kasar pun teksturnya tidak akan terlalu membuat tekstur siomay jadi menarik.

      Apabila ingin membuat siomay ayam, kita bisa menggilingnya dengan halus atau kasar. Jika gilingannya halus, siomay akan cantik dan lembut hasilnya. Jika menggiling dengan kasar, tentu teksturnyalah yang hasilnya akan menarik.

      Agar mudah untuk menyincang daging ayam ini, gilinglah di dalam blender. Akan tetapi, seratnya jadi kerap menyangkut. Nah, agar tidak menyangkut, potong dahulu ayam kecil-kecil.

      Jika ingin membuat siomay ayam dengan kombinasi daging lain, sama halnya dengan membuat siomay kombinasi ikan. Harus ayamnyalah yang digiling halus sementara daging udang dan ikan dicincang agak kasar. Menguleninya juga harus dalam keadaan dingin agar lengket.

      Nah, itulah cara menyincang daging untuk siomay secara benar. Ikutilah cara ini di rumah agar siomay buatan kita enak dan cantik teksturnya. Jangan lupa juga untuk mengikuti resepnya di website kesayangan Anda ini. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga: