Membuat Pepes Telur Asin Sendiri Ternyata Mudah!

By dina, Kamis, 1 Desember 2016 | 17:00 WIB
Membuat Pepes Telur Asin Sendiri Ternyata Mudah! (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, coba membuat pepes telur asin sendiri di rumah. Selain mudah, masakan ini bercita rasa tinggi. Sajikan saja di meja makan, dijamin semua yang melihatnya terbit air liur dan ingin mencicipinya. Tidak heran, tambahan telur asin di dalam masakan membuatnya semakin digandrungi.

      Inilah hal-hal yang harus diperhatikan saat membuatnya.

Telur Asin yang Digunakan

      Telur asin yang digunakan untuk membuat pepes telur asin adalah telur asin mentah. Bagian putih telur asin bisa jadi perekat pepes. Bagian kuningnya bisa mempercantik pepes dalam bentuk bintik-bintik kuning bila dihancurkan. Disajikan utuh dan ditaruh di bagian tengah pepes pun, hasilnya lebih menarik.

Agar Enak Rasanya

      Kita bisa menambahkan salam, serai, cabai hijau, daun jeruk, terasi, atau campuran beberapa bahan tersebut agar aroma pepes semakin enak dan keluar.

Pengembangan Pepes

      Pepes bisa semakin dikembangkan dengan penambahan jamur, petai, kemangi, atau semua bahan ini di dalam satu pepes. Semakin banyak isinya, tentu semakin meriah dan lezat. Rasanya serasi dan saling melengkapi.

Agar Didapat Pepes yang Lembut

      Agar pepes lebih lembut, harus ada unsur cairan di dalamnya. Cairan bisa terdiri dari santan, kaldu, air, atau campuran bahan-bahan tersebut. Kita juga bisa menambahkan telur biasa yang diaduk dengan bahan cair tersebut.

Cara Membungkus Pepes

      Pepes bisa dibungkus dengan dengan cara tum (seperti membungkus nasi uduk) atau dengan cara digulung saja (seperti membuat pepes ikan). Namun, cairannya akan mudah tertahan di dalam bungkusan apabila bungkusnya adalah tum.