Berapa Lama Empal Daging Sapi Diungkep?

By dina, Minggu, 4 Desember 2016 | 17:00 WIB
Berapa Lama Empal Daging Sapi Diungkep? (dina)

      SajianSedap.com – Mari mempelajari lama empal daging sapi diungkep sebelum digoreng. Dalam membuat empal daging sapi, masalah yang bisa muncul berkaitan dengan lama pengungkepan adalah hasilnya yang kering, bumbunya yang kurang meresap. Padahal, mungkin kita berpikir bahwa merebusnya sudah cukup lama dan kalau diteruskan, dagingnya bisa hancur.

     Berapa lama sebenarnya empal daging sapi diungkep? Yuk, kita pelajari tanda-tandanya. Sebenarnya, kita bisa memperhatikan waktu pemasakan di dalam resep. Namun, melihat tanda-tanda kematangan dan mengikuti cara-caranya dengan tepat saja, kita bisa menentukan saat yang tepat dalam berhenti mengungkep daging sapi.

      Pertama-tama, rebus daging di dalam air mendidih yang sudah ditambahkan semua bumbu-bumbu empal. Rebuslah daging dalam keadaan utuh. Gunanya adalah agar daging tidak berubah bentuknya dan melengkung saat digoreng. Daging direbus hingga setengah matang, kira-kira selama 15-30 menit. Tanda-tandanya ia setengah matang adalah dagingnya agak menyusut.

      Setelah setengah matang, barulah ia kita potong-potong searah serat. Agar seratnya tidak lepas, tusuk dengan tusuk gigi. Daging empal yang sudah dipotong pun kemudian bisa kita rebus kembali di dalam kuah bekas merebus yang sudah ditambahkan santan. Perebusan dilakukan di atas api kecil karena akan berlangsung lama hingga empal meresap bumbunya.

      Jika ingin bumbu lebih meresap, kita bisa merebus empal dahulu di kuah yang ditambahkan santan tersebut. Lalu, di tengah-tengah perebusan, empal diangkat dan dimemarkan. Masukkan kembali empal ke kuah bersantan, lalu lanjutkan perebusannya. Empal direbus hingga kuahnya mengental dan mencokelat.

      Setelah itu, empal bisa diangkat. Sebelum digoreng, ia harus ditunggu dingin terlebih dahulu supaya saat digoreng ia tidak kering. Nah, menggorengnya juga tidak boleh sampai kering. Cukup sebentar saja. Hasilnya, kaldu empal akan tertahan di dalam daging sehingga empal empuk dan terasa bumbunya.

      Nah, itulah cara yang tepat untuk menakar lama empal daging sapi diungkep. Mudah, bukan? Oleh karena itu, tidak ada salahnya memanjakan keluarga di rumah dengan hidangan empal sapi ini. Yuk, kita buat. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Empal Gurih Daun Jeruk

Berapa Lama Empal Daging Sapi Diungkep?