Menggunakan Gula Merah Cair untuk Es Cendol

By dina, Senin, 5 Desember 2016 | 17:00 WIB
Menggunakan Gula Merah Cair untuk Es Cendol (dina)

       SajianSedap.com – Sejak lama kita akrab menggunakan gula merah cair baik untuk memasak, membuat kue, ataupun membuat minuman seperti es cendol. Sayangnya menggunakan gula merah cukup merepotkan. Mau pakai gula merah utuh, seringkali malah mengotori bahan makanan kita karena sering berpasir. Dimasak dulu pun, perlu waktu dan tindakan ekstra. Untunglah sekarang sudah ada gula merah cair yang membuat penggunaan gula merah jadi lebih praktis.

      Nah, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui.Memilih Gula Merah Cair

      Itulah tujuan menggunakan gula merah cair, supaya kita tak perlu menyaringnya lagi. Karena itu pilih yang betul-betul sudah bersih.Penyimpanan Gula Merah Cair

      Gula merah cair sudah dikemas di dalam botol hingga tidak perlu ditempatkan dalam wadah lain. Jangan menyimpannya di dalam lemari pendingin agar kekentalannya tidak berubah.Untuk Membuat Saus

      Gula merah cair sendiri sudah bisa langsung dijadikan saus tanpa perlu dimasak. Tetapi untuk saus tertentu, Anda bisa juga mengencerkannya atau memberi tambahan bahan lain. Untuk mengencerkan gula merah cair, tambahkan air. Aduk rata dulu sebelum dimasak agar tidak terlalu sering diaduk. Nah, jika tujuannya adalah untuk membuat es cendol, gula merah cair rekatif tidak perlu ditiriskan.

      Tambahkan bahan aromatik untuk sentuhan berbeda. Misal, daun pandan, irisan nangka, moka pasta. Caranya, tambahkan sedikit air dan bahan aromatik yang dipilih lalu dididihkan di atas api kecil.      Nah, itulah rupa-rupa tentang gula merah cair untuk es cendol. Ia bisa diolah lagi, bisa juga langsung ditambahkan ke makanan. Yang paling menonjol, tentulah ia bisa membuat pekerjaan Anda di dapur lebih praktis karena tidak harus repot-repot memasak dan menyaring. Selamat menggunakannya, Sobat SaSe. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Es Cendol

Menggunakan Gula Merah Cair untuk Es Cendol

Cendol Cokelat