Cake Pisang Kukus Mudah, Cocok Untuk Sarapan

By dina, Selasa, 6 Desember 2016 | 17:00 WIB
Cake Pisang Kukus Mudah, Cocok Untuk Sarapan (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, belajar membuat cake pisang kukus mudah. Ternyata, cake yang sederhana saja, rasanya bisa luar biasa, lho. Mari mengikuti cara tips dan cara pembuatannya.

Pemilihan Pisang

      Dalam membuat cake pisang, sebaiknya kita menggunakan pisang yang harum, manis, dan tinggi kadar airnya. Salah satu contohnya adalah pisang ambon. Untuk 10 porsi, cukup gunakan 4 buah pisang. Ingat, pisang yang terlalu matang justru lebih baik untuk membuat cake sehingga jenis hidangan ini merupakan hal yang bisa dilakukan untuk menghindari food waste.

Jumlah Gula dan Tepung

      Untuk 4 buah pisang, kita bisa menggunakan 150 gram gula pasir. Catatannya, satu buah pisang memiliki berat 75 gram. Dengan begitu, perbandingan pisang dan gula cukup 2:1 di dalam gram. Dengan takaran yang sama, kita bisa menggunakan 250 gram atau 2 cup tepung terigu. Tepung terigu yang kita pakai cukup tepung terigu protein rendah karena kita tidak ingin hasil yang terlalu lembut atau terlalu liat.

Santan atau Susu?

      Apabila ingin cake pisang kukus yang sederhana, gunakan saja santan. Santan memiliki rasa yang gurih. Ia juga memiliki kandungan minyak alami. Dengan menggunakan santan, kita tidak perlu menambahkan unsur lemak seperti minyak, mentega, atau margarin. Untuk 10 porsi tersebut, kita bisa menggunakan 100 ml santan dari ¼ butir kelapa. Agar kue mengembang, tambahkan 1 sendok teh soda kue.

Metode Pembuatan

      Dalam membuat cake kukus, sebenarnya mudah saja hal yang harus kita lakukan. Cukup campur pisang yang telah dihaluskan dengan gula pasir. Lalu, tambahkan tepung terigu yang telah diayak dan diaduk rata. Barulah masukkan santan dan soda kue, lalu aduk hingga rata.

      Adonan ini kemudian bisa langsung dituang di loyang 20x9x7 yang dioles kertas roti. Lama pengukusan cukup 45 menit.

      Mudah bukan, membuat cake pisang kukus ini? Ia enak dijadikan sarapan, lho. Yuk, buat di rumah. (SP/DV)