3 Kreasi Sambal Ikan Asin Penggugah Selera

By dina, Rabu, 14 Desember 2016 | 17:00 WIB
3 Kreasi Sambal Ikan Asin Penggugah Selera (dina)

      SajianSedap.com – Membuat sambal ikan asin sendiri tentu bisa menimbulkan kepuasan dalam hati. Pasalnya, ia memiliki rasa yang sangat gurih dan sedap. Sedikit saja ditambahkan ke dalam bahan masakan, rasanya bisa jadi selangit. Apalagi, ikan asin sedang melambung harganya. Jika membeli sambal ikan asin yang botolan, harganya begitu mahal.

      Mari membuat sambal ikan asin dengan penuh rasa cinta. Anda bisa mengkreasikannya jadi macam-macam jenis sambal. Bisa saja kita mengkreasikan sambal ikan asin jambal dengan wijen sangrai. Atau, tambahkan bbelimbing wuluh pada sambal ikan asin. Selain pedas asin, ada pula sengatan rasa asam nan segar.

     Yuk, ikuti berbagai kreasi sambal ikan asin ini.

Sambal Dabu Teri

      Campur 6 buah cabai merah besar iris, 6 cabai rawit hijau iris, 6 siung bawang merah iris, 1 sendok teh garam, ¾ sendok teh gula pasir, dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Aduk rata. Tambahkan 3 sendok makan minyak goreng yang dipanaskan, aduk rata. Masukkan 50 gram ikan teri seduh yang digoreng. Aduk.

Sambal Bawang Jambal

      Tumbuk 3 siung bawang putih, 5 cabai merah besar, 5 buah cabai rawit merah, dan 1 potong terasi. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng. Tumis15 butir bawang merah iris sampai harum saja. Masukkan campuran cabai tumbuk dan 2 sendok makan wijen sangrai yang ditumbuk. Tambahkan 1 sendok makan garam. Aduk di atas api kecil sampai airnya menguap. Masukkan 100 gram ikan jambal tumbuk yang digoreng kering. Aduk terus sampai meresap di dalam sambal.

Sambal Matang Rebon

      Uleg kasar 12 cabai merah keriting, 5 buah cabai rawit merah, 4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 kotak terasi, dan 1 buah tomat yang dipotong dua bagian. Tumis sampai harum. Masukkan 30 gram udang rebon goreng yang ditiriskan. Masak di api kecil sampai menguap.

      Menarik dan mudah diikuti, bukan, 3 kreasi sambal ikan asin tersebut? Tunggu apa lagi? Yuk, coba di rumah. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga: