Membuat Daging Panggang di Rumah

By dina, Sabtu, 17 Desember 2016 | 17:00 WIB
Membuat Daging Panggang di Rumah (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, masak daging panggang di rumah. Daging panggang adalah menu yang bisa kita buat di rumah dengan cara yang tidak begitu sulit. Bahkan, cara memasaknya bisa jadi seru dan dapat merekatkan keluarga. Mari kita mencobanya.

      Dalam membuat masakan daging, ada bagian-bagian tertentu yang bisa kita pilih. Bagian daging tersebut juga membutuhkan persiapan yang berbeda-beda. Inilah daging dan persiapannya:

Daging Has Dalam (Tenderloin)

      Jika menggunakan daging ini, jangan mengirisnya terlalu tebal. Lalu, pukul-pukul terlebih dahulu atau tusuk-tusukDaging Has Luar (Sirloin)

      Daging ini mengandung lebih banyak lemak. Jangan mengirisnya terlalu tebal, lalu tusuk-tusuk dengan garpu. Kita juga perlu bantuan meat tenderizer untuk membantu mengempukkan daging, jadi jangan lupa memastikan jika kita memilikinya di dapur.Daging Iga

      Jenis daging ini boleh diungkep dahulu di bumbu. Kita juga boleh menggunakan meat tenderizerBuntut

      Sama dengan daging iga, ungkep lebih dahulu daging ini di dalam bumbuDaging Giling

      Daging giling bisa dibumbui lalu dipanggang. Nantinya ia bisa disajikan bersama roti burger.      Jika sudah memilih jenis daging yang cocok, gunakanlah jenis bumbu rendaman ini untuk daging panggang Anda agar enak rasanya. Bumbu yang mampu membuat daging jadi sedap antara lain adalah bawang putih , rempah-rempah, herbs, kecap manis, kecap asin, saus tiram, saus barbecue, saus tomat, saus hoisin, saus charsiu, kecap inggris, dan saus plum.      Daging sapi/kambing, terutama yang lokal, butuh waktu lama untuk mematangkannya. Karena itu rebus atau ungkep dulu di dalam bumbu. Sebelum diungkep, lumuri dengan meat tenderizer. Menambahkan bahan asam ke dalam bumbu rendaman juga akan membantu mengempukkan daging. Memanggang daging sebaiknya tidak di atas bara, kecuali sudah diungkep. Menggunakan oven jauh lebih aman karena daging bisa lebih empuk. Untuk daging yang sudah diiris tipis, bisa digrill di atas pan khusus untuk grill.      Nah, mudah, bukan, membuat daging panggang sendiri di rumah? Apabila sudah matang, kita bisa menyajikannya dengan salad, sup, roti, atau kentang goreng. Selamat mencoba, Sobat SaSe. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Daging Panggang Kecap