Tips Memasak Kangkung Spesial

By dina, Minggu, 18 Desember 2016 | 17:00 WIB
Tips Memasak Kangkung Spesial (dina)

      SajianSedap.com – Memasak sayuran yang enak memang memerlukan cara-cara tertentu dan oleh karena itu, kali ini kami hadirkan tips memasak kangkung dengan spesial. Kangkung merupakan salah satu sayuran yang paling sering diolah di Indonesia. Ia bertekstur lembut dan mudah matang. Karenanya, mengolah kangkung harus sebentar saja.

      Cara mudah dan cepat dalam mengolah kangkung adalah dengan menumis sayuran tersebut. Selain itu, kangkung juga bisa direbus. Dalam merebus kangkung, usahakan sebentar saja, sama seperti menumis. Olahan kangkung yang direbus antara lain adalah sayur asem kangkung. Selain itu, ada pula kangkung dijadikan pelengkap seperti dalam mi ayam kangkung.

      Kangkung bisa ditumis dengan bumbu-bumbu yang cocok dan bisa mengimbangi rasa. Bumbu oriental seperti bawang putih, kecap asin, dan saus tiram paling enak rasanya. Apalagi jika ditambah dengan daging dan telur puyuh.

      Selain dengan bumbu oriental, bumbu tradisional juga enak disandingkan dengan bahan satu ini. Kombinasi bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, lengkuas, dan salam pasti menghasilkan paduan rasa yang sedap.

      Cara menumis kangkung yang tepat adalah dengan menumis bumbu terlebih dahulu hingga harum. Alangkah baiknya apabila kangkung dipotong-potong dengan memisahkan batang dan daunnya. Batang kangkung ditumis terlebih dahulu, barulah daunnya. Jika bersamaan, daun kangkung akan layu ketika batang matang. Jika daunnya matang sempurna, batangnyalah yang akan kurang matang.

      Mengingat sifatnya yang tidak tahan panas, kangkung seringkali dijadikan masakan hot plate. Agar lebih spesial, memang kangkung bisa disajikan dengan cara ini. Caranya, hotplate bisa dipanaskan hingga benar-benar panas. Masukkan kangkung, lalu guyur dengan kuah yang panas. Kangkung akan matang seketika.

      Nah, itulah tips memasak kangkung spesial yang bisa kita ikuti. Mudah, bukan? Yuk, tiru di rumah. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Kangkung Tumis Terasi

Tips Memasak Kangkung Spesial