Menyiapkan Ubi untuk Diolah Jadi Bermacam Hidangan

By dina, Senin, 19 Desember 2016 | 17:00 WIB
Menyiapkan Ubi untuk Diolah Jadi Bermacam Hidangan (dina)

      SajianSedap.com – Mari belajar menyiapkan ubi untuk diolah jadi aneka kudapan. Ubi merupakan bahan pangan masyarakat kita yang biasa disantap setelah dikukus atau digoreng begitu saja. Namun oleh nenek moyang lota yang kreatif, ubi diolah jadi berbagai kudapan yang membuatnya punya nilai tambah.

      Sebelum menyiapkan ubi, pastikan Anda memilih bahan baku yang tepat. Ubi yang baik adalah ubi yang segar. Ubi yang segar bisa dilihat dari permukaannya yang mulus, kulit yang tidak keriput, ketika ditekan seluruh permukaannya tampak keras, serta tidak ada bagian yang buruk.

      Ubi bisa diolah jadi berbagai masakan dan kudapan. Untuk makanan yang asin, ubi bisa diolah jadi kering ubi, pure ubi, bobor, atau sayur bening. Selain itu, banyak sekali kue tradisional yang bisa dibuat dari bahan ini seperti talam dan putu mayang. Kue modern seperti cake dan roti pun bisa dibuat dari bahan satu ini. Bahkan, jika ubi manis dibuat jadi tepung, rasanya akan lebih lembut. Ubi juga bisa dibuat menjadi saus manis dan makanan penutup lainnya.

      Jika membeli ubi dalam jumlah yang banyak, perhatikan cara penyimpanannya. Ubi tidak perlu disimpan di lemari es. Letakkan saja dalam keranjang di suhu ruang. Namun, jangan biarkan ia berada di dalam kantong plastik agar tidak lembab dan busuk.

      Sebelum diolah jadi berbagai hidangan, ubi bisa dimatangkan terlebih dahulu kecuali jika akan digoreng. Ubi lebih disarankan untuk dimatangkan dengan cara dikukus alih-alih direbus. Pengukusan dilakukan tanpa mengupas ubi terlebih dahulu supaya ia tidak menyerap air terlalu banyak.

      Apabila akan diolah jadi kudapan, ubi dihaluskan dahulu hingga tidak bergerindil. Lakukan selagi panas, pasalnya ubi yang dingin sulit dihaluskan. Ubi yang sudah halus ini bisa dijadikan kulit, adonan isi, atau dicampur ke dalam adonan.

       Nah, itulah cara menyiapkan ubi sebelum diolah menjadi berbagai hidangan. Mudah untuk diikuti, bukan? (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Bola Ubi Isi Cokelat

Menyiapkan Ubi untuk Diolah Jadi Bermacam Hidangan