Jenis Manisan Buah Kering untuk Membuat Stollen

By dina, Jumat, 23 Desember 2016 | 17:00 WIB
Jenis Manisan Buah Kering untuk Membuat Stollen (dina)

      SajianSedap.com – Sobat Sase, mari simak jenis-jenis manisan buah kering yang cocok untuk membuat stollen berikut ini. Sebenarnya, banyak sekali jenis manisan buah yang ada di pasaran baik yang lokal hingga yang impor. Namun, di negara kita, inilah jenis-jenis buah yang sering digunakan untuk membuat kue berikut ini.

Ceri Hijau dan Merah

      Kedua jenis manisan ini berasal dari buah ceri yang direndam di dalam sirup dan pewarna. Oleh karena itu, warnanya cukup mencolok sehinga akan jadi aksen yang menarik di dalam stollen. Bukan hanya tampilan cantik seperti permata warna-warninya yang menarik. Rasanya juga unik.

Sultana

      Sultana adalah manisan kering dari buah anggur hijau tanpa biji. Proses pembuatannya adalah memasukkan sultana ke dalam air, potasium karbonat, dan minyak sayur lalu mengeringkannya. Karena tanpa biji, pengeringannya jadi lebih cepat. Rasanya lebih manis dari kismis dan teksturnya lebih empuk.

Kismis

      Berbeda dengan sultana, kismis dibuat dari buah anggur hijau dengan biji. Proses pengeringannya  lebih lama sehingga menghasilkan manisan buah anggur yang warnanya kehitaman. Ukurannya juga lebih besar daripada sultana.

Kurma

      Walau stollen berasal dari Eropa, ternyata kurma yang identik dengan Timur Tengah cocok disandingkan dengan roti ini. Pasalnya, kurma memiliki rasa yang seperti karamel. Teksturnya yang  lembut bisa memberikan kekayaan tekstur pada roti.

Sukade

       Sukade, manisan berbentuk kubus-kubus kecil dan berwarna-warni mencolok ini terbuat dari potongan kulit jeruk sukade. Selain manis, ia juga memiliki aroma citrus yang memberikan kesegaran pada kue Anda.

Aprikot