Membuat Ragam Pukis yang Unik

By dina, Minggu, 25 Desember 2016 | 17:00 WIB
Membuat Ragam Pukis yang Unik (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, membuat ragam pukis yang unik dan berbeda dari pukis yang biasa kita lihat di pasaran. Pukis adalah kue tradisional yang kemudian sangat dikenal di negara kita setelah banyak dijual di mana-mana. Pukis yang dijual umumnya hanya diutak-atik toppingnya saja. Nah, bagaimanakah cara membuat ragam pukis yang istimewa? Mari lihat caranya.

      Selama ini, kita jarang sekali melihat orang yang membuat pukis sendiri di rumah. Pasalnya, kue ini relatif murah harganya, namun agak rumit untuk dibuat. Jadi, orang lebih banyak membelinya saja ketimbang repot membuatnya. Maklum, kue ini termasuk kue yang diragikan sehingga harus melewati proses fermentasi.

      Bahan pukis terdiri dari dua bagian, yaitu bahan biang dan bahan utama. Bahan biang terbuat dari tepung terigu, air, dan ragi. Bahan utama  terbuat dari santan, telur, garam, gula, vanili, margarin leleh, dan terigu.

       Untuk membuatnya, bahan biang harus dicampur dahulu dan didiamkan.  Lalu, bahan utama berupa telur, gula, dan vanili dikocok, barulah biang dimasukkan. Kemudian, barulah terigu dimasukkan bergantian dengan santan. Agar tak kering, margarin dan garam masuk belakangan. Kemudian, adonan didiamkan satu jam agar mengembang, barulah dimasak.

      Akan tetapi, pukis yang dijual di tukang itu-itu saja rasanya sehingga kita harus membuat sendiri apabila menginginkan pukis yang istimewa. Nah, agar pukis Anda lebih istimewa, kita bisa menambahkan buah, aromatik, dan taburan yang lebih beragam. Jika mau, bisa saja kita mengoleskan Nutella, peanut butter, atau menaburkan biskuit Oreo di atas pukis.

      Secara umum, pukis bisa divariasikan jenis adonannya dan jenis toppingnya. Nah, untuk isian adonan, kita bisa menambahkan keju, cokelat bubuk, dan air daun suji. Sifatnya adalah untuk memberikan aroma dan rasa yang variatif.

      Sementara itu, berbagai topping juga bisa kita variasikan. Contohnya adalah keju parut, kismis, wijen, atau meises. Nah, syarat untuk menaburkan topping adalah, adonan harus dimasak hingga setengah matang dahulu sebelum ditaburi topping agar topping tidak tenggelam.

      Nah, itulah cara membuat ragam pukis yang unik. Mudah, bukan? Yuk, buat di rumah mengikuti resep yang ada di website kesayangan Anda ini. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Pukis Mini Durian