Membuat Hidangan Tahun Baru dengan Hemat (2)

By dina, Kamis, 29 Desember 2016 | 17:00 WIB
Membuat Hidangan Tahun Baru dengan Hemat (2) (dina)

      SajianSedap.com – Seperti yang telah dituliskan di sini, mengadakan selebrasi pergantian tahun memang menyenangkan, namun tak kalah pentingnya membuat hidangan tahun baru dengan hemat. Lagipula, pesta Tahun Baru tentu tidak perlu dilakukan dengan jor-joran. Menu yang pas itu jauh lebih penting ketimbang kemewahannya. Nah, inilah kiat lanjutan dalam mengatur menu pesta dengan pengeluaran sekecil-kecilnya.4. SISA SANTAN KENTAL

       Kadang untuk masakan tertentu, Anda bisa menggunakan santan kental. Kelapa parut yang sebetulnya masih bisa diperas, biasanya langsung dibuang saja, karena malas menyimpannya. Padahal kelapa parut tadi bisa dimanfaatkan jadi kue atau diambil santan encernya untuk dibuatkan masakan tertentu.5. BONGKAR ISI LEMARI DAN KULKAS

      Ada baiknya Anda juga menyesuaikan menu dengan isi lemari atau lemari es. Jangan kaget, kalau membongkar lemari, Anda terkejut melihat isinya karena tidak menyangka, sebetulnya memiliki bahan tertentu sejak lama. Yang patut diingat, ada banyak bahan pada menu pesta kita yang bisa diganti atau dimodifikasi dengan bahan lain. Manfaatkan bahan yang ada. Kadang karena lama tak dipakai bahan di dalam lemari atau lemari pendingin, alih-alih dimakan, malah jadi penghuni tempat sampah. Nah, sekarang saatnya memanfaatkannya.

      Isi lemari juga kadang bisa menambah jenis suguhan Anda. Kerupuk, misalnya. Anda boleh jadi tak berniat menyuguhkan kerupuk. Tapi di dalam lemari ternyata Anda masih menyimpan kerupuk, pemberian teman. Nah, kenapa tidak digoreng saja untuk “meramaikan” meja makan Anda.

      Coba juga lihat-lihat bahan yang lain. Mungkin suami pernah membawa kopi ketika tugas ke luar kota. Nah, ganti kue kering cokelat Anda jadi kue kering kopi. Rasanya sama enaknya, kan? Dengan begitu Anda malah tak perlu membeli cokelat bubuk.6. MENU SESUAI BAHAN “SISA”

      Kalau Anda merencanakan membuat bolu gulung, jangan lupa pula cari masakan atau kue lain yang terbuat dari putih telur sisa membuat bolu gulung tadi. Kalau Anda berencana membuat puding cokelat tanpa busa, tak salah juga, kan, kalau Anda mengubahnya jadi puding busa? Dengan begitu Anda menghemat susu, lo.

      Anda juga bisa mengukus putih telur di atas api kecil sampai membeku. Setelah dipotong-potong, Anda bisa menambahkannya dalam sup atau tumisan sebagai pengganti ayam. Atau paling tidak untuk mengurangi pemakaian ayam.

      Ternyata, tidak begitu sulit, bukan, membuat hidangan tahun baru dengan hemat? Dengan mengikuti tips tersebut, dijamin pesta Anda tetap meriah, namun modalnya tidak menguras dompet. Jangan lupa untuk mengintip bagian pertama rangkaian tips ini di sini, ya, Sobat SaSe! (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Membuat Hidangan Tahun Baru dengan Hemat (1)