Degan Septoadji: 2017, Masakan Lokal Tetap Jaya!

By dina, Kamis, 29 Desember 2016 | 17:00 WIB
Degan Septoadji: 2017, Masakan Lokal Tetap Jaya! (dina)

      SajianSedap.com – Chef Degan Septoadji, chef yang familiar wajahnya di berbagai acara televisi termasuk Masterchef Indonesia, mengatakan bahwa di tahun 2017 nanti, tren makanan lokal tetap akan berjaya di dunia kuliner lokal. Bahkan, upaya kita membawa makanan Indonesia ke kancah internasional juga sangat dihargai di mata dunia.

      “Baik chef profesional maupun amatir sangat mengeksplor makanan lokal kita, baik masakan lokal yang benar-benar dibuat tradisional atau ditampilkan dengan bentuk modern,” kata chef Degan.

      Oleh karena itu pula, chef asal Bali ini juga menekankan pentingnya mempromosikan masakan Indonesia di berbagai demo masak. Pasalnya, ibu-ibu modern cenderung sibuk dan sulit kembali ke dapur.

      “Padahal memori makanan dari masa kecil orang-orang dari generasi saya, misalnya, selalu teringat ke masakan Ibu. Nah, memori kuliner tersebut yang sepertinya sulit tertanam di generasi masa kini,” ucap chef Degan.

     Tentang membawa masakan Indonesia ke luar negeri, Chef Degan merasakan bahwa upaya tersebut membangkitkan rasa penasaran orang-orang mancanegara terhadap masakan kita.

      “Masakan Indonesia itu eksotis. Orang luar suka masakan yang berbahan santan karena rasanya gurih. Mereka juga suka rasa jahe dan keunikan kunyit. Yang terpenting saat mendemokan masakan Indonesia di luar negeri adalah penggunaan bumbu dari bahan segar, bukan kering. Bumbu bisa dibuat dulu di sini lalu tinggal dimasak saat demo di sana, atau kita buat dari bahan segar yang didapatkan di sana. 95% bumbu masakan Indonesia tersedia di sana, kok, bahkan di negara-negara Barat,” lanjutnya.

       Selain merupakan upaya untuk meletakkan Indonesia di peta kuliner dunia, rasa makanan lokal Indonesia yang memang penuh bumbu dan cita rasa, membuatnya tetap berjaya di tahun 2017. Akan sangat bagus, ya, Sobat SaSe, kalau masakan lokal ini tidak hanya jadi sekedar tren, tapi memang benar-benar selalu berjaya sebagai tuan rumah. Semoga dengan ramainya gempuran pengaruh kuliner dari luar negeri, masakan Indonesia selalu ada di hati. (AH/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Sambal Matah

Degan Septoadji: 2017, Masakan Lokal Tetap Jaya!

Rendang Daging