4 Cara Menyulap Ayam Jadi Makanan Pembuka Pesta

By Amadea, Jumat, 22 Desember 2017 | 09:39 WIB
SAYAP AYAM PANGGANG ORIENTAL (Amadea)

SajianSedap.com – Selama ini ayam disajikan sebagai menu utama pesta. Agar pesta yang Anda buat beda dari pesta lainnya, jangan ragu menghidangkan ayam dengan cara berbeda. Yakni, menyulap ayam jadi makanan pembuka pesta.

Potongan Ayam

      Dimulai dari potongan ayam, potong ayam dalam potongan kecil supaya tidak mengenyangkan. Selain tidak cepat kenyang, potongan ayam yang kecil lebih mudah untuk disantap tamu. Sebaiknya ayam yang dipilih tidak bertulang, kalau pun bertulang, cukup satu tulang saja seperti paha bawah atau sayap pentul. Bila ayam tanpa tulang yang dipilih, bagian yang paling cocok untuk dibuat untuk makanan pembuka adalah dada atau paha bawah. Sajikan dalam kedaaan ditusuk supaya tusukannya bisa dipegang.

Kombinasi Dengan Bahan Lain

      Ayam boleh dikombinasikan dengan bahan lain seperti beef bacon atau smoked beef. Agar tidak terlalu berat, seling dengan sayur atau buah. Buah yang direkomendasikan adalah buah asam seperti nanas atau apel. Rasa segar dari buah mencegah tamu tidak mudah enek juga membangkitkan selera makan tepat sebelum menyantap hidangan utama.

Sebagai Pelengkap Salad

      Menjadikan ayam sebagai pelengkap salad pun boleh saja. Ayam yang digunakan harus dibakar atau direbus dulu. Anda juga bisa memodifikasi ayam menjadi topping untuk disajikan di atas roti, biskuit atau sus.

Bumbu Minimal

      Soal bumbu, bumbui ayam dengan bumbu yang tidak menonjol. Rasa samar-samar akan baik untuk menu pembuka supaya tidak mengacaukan rasa menu utama. Mengolah ayam bisa dengan cara ditim, dipanggang atau dioven. Tetapi usahakan agar tidak terlalu lama supaya ayam tidak keras. Usahakan agar ayam tidak berminyak banyak. Minyak banyak memicu rasa enek yang membuat orang malas mencicipi menu utama. Selamat mencoba!

(SP/AH)

Foto: dok. SajianSedap