Unbaked Cheese Cake, Mudah dan Enak!

By dina, Jumat, 8 September 2017 | 11:56 WIB
Unbaked Cheese Cake, Mudah dan Enak! (dina)

       SajianSedap.com – Unbaked cheese cake, sesuai namanya, tidak dimatangkan dengan cara dioven. Jadi, ia agak berbeda dengan jenis cheese cake Jepang yang kekinian. Sisi baiknya, ia lebih mudah untuk kita buat di rumah.

       Melihat komposisinya, mungkin agak membingungkan bagi Anda yang belum pernah membuatnya. Pasalnya, bahan adonannya saja dipastikan bertekstur cair. Lantas bagaimana membuatnya menjadi mengeras kalau tidak dioven?

       Ini dia rahasianya. Setelah didinginkan, cake akan kompak juga bentuknya karena kita menggunakan gelatin dalam adonannya. Bahan inilah yang membuat cheese cake mengeras dalam suhu dingin.

Baca juga: Resep Unbaked Strawberry Cheese Cake

       Meski bisa membeku, cheese cake tidak bisa sekokoh puding. Soalnya, komposisi adonannya memang tidak dibuat untuk menciptakan kue yang padat. Itu sebabnya pembuatan cheese cake selalu dilakukan di atas kerak cake, pai, atau biskuit yang dapat menopang bahan bertekstur lembut ini.

       Selain gelatin, kita juga bisa menambahkan cooking chocolate yang nanti juga akan membantu cheese cake membeku. Meski sudah ditambahkan cooking chocolate dan gelatin, tetap saja, dibutuhkan waktu yang lama di dalam kulkas untuk membuat dessert ini bisa dipotong dan disajikan.

       Kalau membuat cheese cake yang dioven bisa menggunakan keju jenis apa saja, pembuatan cheese cake tanpa dioven membutuhkan penggunaan keju jenis soft cheese. Salah satu contohnya adalah cream cheese. Keju ini kemudian dikocok lalu dicampur dengan bahan lainnya.

Baca juga: Resep Double Chocolate Cheese Cake

       Ada banyak jenis soft cheese, masing-masing punya rasa dan tekstur yang berbeda. Ada yang rasanya agak asam, ada juga yang baunya sangat dominan. Memilihnya dengan selera Anda adalah yang terbaik. Biasanya rasa dan bau keju diimbangi dengan tambahan jeruk lemon yang segar dan beraroma.

       Nah, itulah hal yang bisa kita perhatikan saat membuat unbaked cheese cake. Penasaran dengan resep-resepnya? Tengok saja di website kesayangan Anda ini. (SP/DV)