Cara Mengatasi Jerawat Lewat Makanan

By dina, Jumat, 3 Februari 2017 | 04:27 WIB
Cara Mengatasi Jerawat Lewat Makanan (dina)

       SajianSedap.com – Jika bintik-bintik di wajah mulai menimbulkan perasaan tak nyaman dan mengganggu penampilan, mari ikuti cara mengatasi jerawat lewat makanan. Kenalilah dahulu pencetus jerawat nakal ini.

       Menurut seorang pakar kulit dari Amerika Serikat, Wilma F. Bergrield, M.D., FACP, yodium menjadi salah satu zat yang dituding menyebabkan jerawat. Contoh bahan-bahan yang mengandung yodium adalah garam meja, kerang-kerangan, dan rumput laut. Pasalnya, kelebihan yodium akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit yang akan menyebabkan peradangan pada kulit dan memicu timbulnya jerawat. Menurutnya, asupan yodium cukup 150 mcg per hari.

Baca juga: Kurangi Mengonsumsi Makanan Pemicu Jerawat Berikut Ini

       Protein hewani juga menjadi penyebab tercetusnya jerawat. Kandungan lemak jenuh dan lemak trans-nya menyebabkan peradangan dalam tubuh dan kulit jadi berminyak. Namun bukan berati protein hewani dilarang. Yang penting mengatur tingkat asupannya.

       Sebagai penangkalnya, konsumsilah ikan 2 kali seminggu. Ikan jadi bahan yang baik untuk mencegah jerawat karena kandungan lemak tak jenuhnya mampu meredakan peradangan. Apabila kita padukan dengan makanan berprotein yang kaya kandungan seng, ia makin membantu mengatasi jerawat. Penelitian menunjukkan, orang yang berjerawat mengalami kemajuan setelah 3 bulan mengonsumsi makanan sumber seng. Bahan makanan yang cukup banyak mengandung seng di antaranya keju, susu, dan kepiting.

Baca juga: Khasiat Rempah Sebagai Obat-Obatan

        Selain mengurangi yodium dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat seng, sayuran jelas menjadi satu elemen penting untuk meredakan jerawat. Penelitian menunjukkan, para penderita jerawat diketahui kekurangan vitamin A, C, dan E dalam pemeriksaan darahnya. Sayuran seperti brokoli yang kaya vitamin C dan antioksidan sangat cocok untuk membantu kondisi ini.

       Kekurangan mineral dan vitamin juga diketahui sebagai penyebab ketidakseimbangan metabolisme yang menjadi pencetus tumbuhnya jerawat. Jadi pastikan kombinasi ikan, keju dan sayuran menjadi menu utama Anda saat berjerawat. Jangan lupa juga mengurangi konsumsi yodium dan protein hewani yang mengandung lemak jenuh.

       Sekarang, siap mengikuti cara mengatasi jerawat lewat asupan makanan? Selain baik untuk kulit, makanan-makanan di atas juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk tubuh, lho. (SP/DV)