Trik Membuat Tempe Balado ala Padang

By dina, Minggu, 5 Februari 2017 | 00:30 WIB
Membuat Tempe Balado ala Padang (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, belajar membuat tempe balado ala Padang. Balado dalam bahasa Padang berarti memakai cabai. Tentu dalam masakan ini, penggunaan cabai haruslah dominan.

      Apa saja, ya, yang harus kita perhatikan dalam membuat masakan ini? Mari kita simak.

Memilih Tempe

      Pilihlah tempe yang bagus dengan jumlah kedelai yang padat. Jika kita menyambangi pasar tradisional maupun modern, kerap kita melihat ada tempe yang menggunakan bungkus plastik maupun bungkus daun pisang. Pilih yang memakai bungkus daun pisang agar lebih bagus untuk badan.

Baca juga: Resep Oseng Tempe Ampela

Cara Mengiris Tempe

       Pertama-tama, potong tempe dalam beberapa lajur. Lalu, belah-belah tempe horizontal sesuai ketebalan yang dikehendaki. Kemudian, potonglah tempe memanjang ½ x 4 cm atau 1 x 4 cm. Ukuran ini bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Namun ingat, ,engiris tempe sebaiknya tidak terlalu tipis supaya tidak hancur ketika diaduk.

Memilih Jenis Cabai yang Sesuai

      Di dalam balado yang enak, tersimpan campuran yang pas antara cabai keriting dan cabai besar. Cabai keriting memberikan rasa pedas yang nendang pada masakan Anda. Sementara itu, cabai merah besar bisa Anda pakai untuk memperoleh warnanya. Bila masih kurang pedas, Anda pun bisa menggunakan beberapa cabai rawit.

Baca juga: Resep Terik Tempe

Bumbu Pelengkap

       Tentu di dalam balado kita tidak hanya menggunakan cabai saja. Sebagai elemen rasa tambahan, kita bisa menambahkan bawang merah dan/atau tomat. Kalau tidak menggunakan tomat, tambahkan sedikit air asam agar seimbang rasanya.