4 Bahan Utama Membuat Healthy Bowl Sehat & Kekinian

By Marti, Senin, 15 Januari 2018 | 08:56 WIB
4 Bahan Utama Membuat Healthy Bowl Sehat Kekinian (Marti)

SajianSedap.com - Kalau tertarik mencoba makanan lezat sekaligus sehat, healthy bowl mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Jangan dulu terkecoh dengan penampilannya yang super cantik, karena menu satu ini ternyata sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

      Konsep utama dari healthy bowl adalah mengkombinasikan berbagai bahan makanan rendah kalori dan tinggi serat menjadi semangkuk makanan yang mengenyangkan. Isinya bisa bermacam-macam sesuai kreasi dan bahan makanan kesukaan. Kalau tertarik mencoba makanan super simple ini, berikut adalah bahan-bahan makanan yang lazim digunakan dalam healthy bowl.

1. Aneka makanan tinggi serat

      Chia seeds, quinoa, dan granola adalah 3 bahan makanan tinggi serat yang belakangan jadi terkenal lantaran sering digunakan dalam healthy bowl. Bahan yang cukup asing di telinga ini sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah di supermarket yang menjual bahan makanan import.  

      Namun jika ingin lebih sederhana, kita dapat menggunakan oatmeal instant yang banyak tersedia di pasaran. Seduh Oatmeal dengan air panas kemudian tata di dasar mangkuk dan hiasi dengan aneka topping.

2. Buah

      Bahan satu ini jadi bahan yang wajib ada dalam healthy bowl. Segala jenis buah favorit bisa dipakai. Sebagai tips, pilihlah kombinasi buah yang berwarna warni sehingga healthy bowl lebih kaya vitamin dan tentunya cantik di pandang.

      Selain dijadikan topping, buah juga dapat dijadikan menu utama dalam healthy bowl. Caranya, bekukan buah kesukaan kita kemudian blender hingga halus dan menjadi smoothie. Tata smoothie ini di dasar mangkuk dan hiasi dengan aneka topping.

3. Kacang-kacangan

      Sifat kacang yang tinggi serat dan rendah lemak membuatnya jadi bahan yang sering ditambahkan dalam healthy bowl. Selain menambah tekstur, rasa kacang yang gurih juga menambahkan cita rasa nikmat. Segala jenis kacang sebenarnya bisa digunakan, namun kacang almond biasa menjadi pilihan.

4. Susu, Selai dan Yogurt

      Bahan-bahan ini menjadi topping tambahan yang fungsi utamanya memberikan tambahan rasa agak semangkuk healthy bowl  jadi lebih nikmat dan menarik.