Dua Cara Mudah Membuat Nasi Sushi ala Jepang Asli

By dina, Selasa, 14 Maret 2017 | 10:30 WIB
Dua Cara Mudah Membuat Nasi Sushi ala Jepang Asli (dina)

SajianSedap.com – Yuk, belajar membuat nasi sushi ala Jepang. Dengan nasi sushi yang tepat, cita rasa bahan utama tentu akan naik.

Rahasia orang Jepang dalam menyiapkan nasi sushi sama dengan rahasia mereka dalam menyiapkan makanan khas mereka yang lainnya, yaitu bahan baku yang tepat.

Orang Jepang menggunakan beras yang butirannya kecil dan sedikit lengket sehingga sushi bisa lengket dan padat.

Di Indonesia, beras yang demikian tentu sudah dijual di aneka toko bahan makanan Jepang. Jika kita memahami tekniknya, tentu kita bisa membuat  sushi yang enak.

Namun, jika kita tidak mempunyai beras yang seperti itu, kita bisa membuat nasi sushi dengan beras lokal, lho. Pilih beras lokal yang pulen, lalu campur dengan beras ketan. Hasilnya nyaris tak ada bedanya.

Selain beras, bahan yang wajib ada di dalam nasi sushi adalah Japanese rice vinegar alias cuka beras Jepang. Cuka  ini memberikan rasa yang khas ke dalam nasi sushi.

Baca Juga: 5 Resep Sushi Simpel Bisa Dibuat Kapan Saja, Rasanya Mirip Buatan Restoran Jepang

Nah, berikut ini kami berikan dua resep dan cara membuat nasi sushi ala Jepang. Jangan takut kesulitan. Kita bisa membuatnya dengan rice cooker, lho. Yuk, simak cara-caranya.

Nasi Sushi dari Beras Jepang

Masak 400 gram beras jepang impor dan 500 ml air di dalam rice cooker sampai matang. Keluarkan nasi, lalu aduk-aduk untuk menghilangkan uapnya.

Tambahkan 1 sendok makan rice vinegar, 1 sendok teh garam, dan 2 sendok teh gula pasir. Aduk rata. Nasi siap dibuat menjadi sushi.

Nasi Sushi dari Beras Lokal