Tidak Sesempit Kata Pepatah, Ini Dia Manfaat Daun Kelor yang Luar Biasa! (1)

By dina, Jumat, 22 Desember 2017 | 09:23 WIB
Tidak Sesempit Kata Pepatah, Ini Dia Manfaat Daun Kelor yang Luar Biasa! (1) (dina)

       SajianSedap.com – Percayakah Anda bahwa manfaat daun kelor itu besar sekali untuk kesehatan? Bahkan, di luar negeri, daun yang punya nama keren moringa ini terkenal sebagai makanan super sehat yang bubuknya banyak dijual sebagai suplemen.

       Dilansir dari mindbodygreen, inilah aneka manfaat dari daun kelor.

Sumber Nutrisi

      Daun kelor kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino. Kandungan nutrisi dengan jumlah di atas rata-rata yang terdapat dalam sayuran yang sering dibuat bobor ini di antara lainnya adalah vitamin A, C, dan E serta mineral kalsium dan potasium. Tidak seperti kebanyakan sayuran, daun kelor ini tinggi protein, lho.

Baca juga: Resep Uta Kelo

Melawan Radikal Bebas

       Daun kelor mengandung antioksidan flavonoid, polifenol, dan asam askorbat. Kandungan tersebut membantu memerangi radikal bebas, kerusakan sel, dan inflamasi. Dengan mengonsumsinya secara rutin, sel di tubuh kita akan selalu sehat dan baik fungsinya.

Mencegah Inflamasi

      Inflamasi pada sel-sel tubuh bisa menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, masalah pernafasan, penyakit kardiovaskuler, rematik, dan obesitas. Cara kerja daun kelor dalam mengurangi inflamasi adalah dengan cara menghambat enzim dan protein perusak dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor bisa menurunkan tingkat inflamasi secara drastis!

Mengurangi Gejala Diabetes

      Konsumsi daun kelor bisa menurunkan tingkat lemak dan glukosa dalam tubuh. Pada pasien diabetes pun, daun kelor dapat dijadikan bahan alami untuk menurunkan gula darah dan kolesterol. Hasilnya, sel tubuh pun terhindar dari kerusakan.

Baca juga: Resep Sayur Daun Singkong Tempe