Tidak Sesempit Kata Pepatah, Ini Dia Manfaat Daun Kelor yang Luar Biasa! (2)

By dina, Jumat, 22 Desember 2017 | 09:23 WIB
Tidak Sesempit Kata Pepatah, Ini Dia Manfaat Daun Kelor yang Luar Biasa! (2) (dina)

       SajianSedap.com – Kadar nutrisi pada daun kelor ternyata sangat tinggi sehingga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Bahkan, di luar negeri, bubuk daun yang punya nama keren moringa ini banyak dijual sebagai suplemen kesehatan.

       Dilansir dari mindbodygreen, inilah aneka manfaat dari daun kelor.

Menjaga Kesehatan Otak

       Karena fungsi antioksidannya dalam melindungi sel tubuh, daun kelor bisa melindungi sel otak. Tidak hanya itu, daun kelor juga meningkatkan kerja syaraf sehingga di luar negeri, bubuknya pun dijadikan obat alternatif dalam menangani penyakit Alzheimer’s.

       Tinggi akan kandungan vitamin C dan E, daun kelor mencegah penurunan fungsi otak. Ia juga menjaga kerja hormon serotonin, dopamin, dan noradrenalin dalam organ tersebut. Pastinya, hal ini mempengaruhi suasana hati dan menjaga kesehatan mental agar tetap prima.

Baca juga: Resep Uta Kelo

Melindungi Fungsi Hati

       Hati berfungsi vital dalam tubuh. Organ ini bertanggung jawab akan banyak kerja tubuh mulai dari mendetoks darah, memproduksi empedu, metabolisme fruktosa dan lemak, juga mencerna nutrisi. Namun, organ ini hanya akan bekerja dengan baik apabila tingkat enzimnya normal. Di sinilah konsumsi daun kelor berperan penting.

Antibakteri dan Antijamur

       Daun kelor bisa memerangi bakteri dan jamur tidak berguna bagi tubuh sehingga bisa menyembuhkan infeksi. Oleh karena itulah sayuran ini bisa dijadikan obat infeksi kulit. Jika dikonsumsi, daun kelor juga bisa mencegah infeksi saluran urin dan masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri.

Baca juga: Mari Simak Aneka Manfaat Daun Mangkokan

Mempercepat Penyembuhan Luka