Perhatikan Hal Penting dalam Membuat Gulai Telur Ini Agar Sempurna Hasilnya

By dina, Jumat, 24 Maret 2017 | 09:41 WIB
Perhatikan Hal Penting dalam Membuat Gulai Telur Ini Agar Sempurna Hasilnya (dina)

        Sajiansedap.com – Ayo belajar membuat gulai telur dengan mudah. Walau tahapannya agak banyak, mengolah telur dengan cara ini tidak terlalu sulit dilakukan bahkan oleh Anda yang pemula. Yuk, siapkan bahan-bahannya dan pahami trik-triknya.

        Membuat gulai adalah merebus bahan tertentu di dalam santan yang sudah dicampur dengan bumbu dan banyak rempah hingga aromanya sangat menonjol. Nah, kali ini bahannya adalah telur rebus bulat. Telur yang bisa Anda gunakan dalam menu ini di antaranya adalah telur ayam, telur puyuh, telur bebek. Untuk menyiapkan telurnya, rebus dahulu sampai matang, lalu kupas. Lantas, kerat-kerat telur dan goreng.

Baca juga: Keajaiban Cita Rasa Ayam Bakar Kuah Santan

       Bumbu-bumbu yang dipakai dalam membuat gulai telur hampir sama dengan bumbu gulai pada umumnya. Bumbu halusnya adalah bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah. Rempah-rempahnya adalah kunyit, ketumbar, jahe, kayumanis, jintan, salam, serai, daun jeruk, dan kecombrang.

       Bumbu-bumbu ini, terutama yang aromatik, tidak seluruhnya dipakai. Cukup beberapa saja sehingga membentuk kombinasi yang kita senangi. Misalnya: bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, ketumbar, jintan, daun jeruk. Soalnya, kalau semua bumbunya dipakai, gulai akan aneh rasanya.

        Jika ingin berkreasi dengan rasa dan teksturnya, ada cara-cara tertentu yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah macam-macamnya:

Baca juga: Resep Gulai Telur

        Kuah dalam gulai tentunya berbasis santan. Umumnya gulai dibuat dari santan yang pekat. Untuk 8 butir telur, misalnya, bisa menggunakan 1 butir kelapa. Cara membuatnya, tuang 250 ml air panas ke dalam kelapa. Aduk-aduk kelapa sambil diremas-remas berulang kali . Ambil santannya. Hasilnya adalah santan kental.

        Jika ingin menggunakan santan yang lebih encer dan banyak, kelapa yang telah dipakai tadi bisa kita tambahkan lagi air panas. Jumlahnya tergantung santan yang diminta. Hasilnya adalah santan encer.

       Nah, apabila ingin mengombinasikan santan kental dan encer namun tidak ingin pecah kuahnya, masukkan dulu santan yang encer ke dalam bumbu gulai yang sedang ditumis. Setelah semua matang dan bumbu meresap, baru tambahkan santan kental. Masak sampai berminyak.

       Itulah tips dan trik yang bisa Anda ikuti dalam membuat gulai telur yang pas rasanya. Jika ingin lebih mahir, tengok saja resepnya di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (SP)

Baca juga: