Tips Antigagal Membuat Variasi Singkong Goreng yang Unik dan Lain dari yang Lain

By dina, Kamis, 21 Desember 2017 | 06:26 WIB
Tips Antigagal Membuat Variasi Singkong Goreng yang Unik dan Lain dari yang Lain (dina)

       SajianSedap.grid.id – Ayo belajar membuat variasi singkong goreng agar camilan buatan kita ini tidak membosankan rasanya. Bayangkan saja menyantap sepotong singkong goreng hangat bersama teh hangat yang harum. Pasti sulit rasanya untuk tidak mencomot lagi dan lagi. Apalagi jika diberi variasi yang sederhana namun berkesan. Dijamin menyenangkan. Yuk, simak tips dan triknya.

Singkong Harus Direndam

       Sebelum digoreng, singkong yang sudah dikupas dan dipotong-potong harus direndam air. Anda bisa saja merendamnya di dalam air yang sudah dibubuhi sedikit garam. Namun, singkong pasti akan lebih enak kalau dibumbui dan diberi rasa. Anda bisa menambahkan bumbu di air perendam ini. Selain garam, kita bisa menggunakan bawang putih yang dihaluskan, garam, dan ketumbar. Tentu kombinasi terakhir ini berlaku jika kita membuat singkong goreng yang gurih, bukan manis, cita rasanya.

Baca juga: Cara Membuat Singkong Goreng Enak dan Empuk

Membumbui Singkong

      Selain menambahkan bumbu di air perendam, kita juga bisa  menaburkan bumbu siap pakai setelah singkong matang. Untuk memvariasikan rasanya, Anda bisa memakai salah satu atau gabungan dari bubuk kentang tabur, keju parmesan, garam, bawang putih bubuk, dan cabai bubuk. Kita juga bisa membuat singkong goreng yang manis dengan mencelupkannya dalam cokelat leleh, lho.

Bentuk Potongan Singkong

      Selain membuat variasi dari rasa, kita juga bisa membuat variasi singkong dari bentuknya, lho. Kita bisa memotong singkong dengan bentuk bulat tebal klasik, panjang-panjang seperti jari, juga potongan bulat yang lebih tipis. Jika ingin membuat camilan singkong dengan bentuk keripik, pastikan kita menggunakan peeler yang tajam agar singkong bisa teriris setipis mungkin. Makin tipis, makin renyah pula hasil gorengannya.

Baca juga: Tak Sampai Satu Jam Membuat Lapis Ubi Kukus yang Legit dan Istimewa Ini

Membalut Singkong dengan Tepung

      Singkong juga bisa digoreng setelah dibalut dengan tepung. Misalnya dicelupkan di dalam larutan tepung encer lalu digulingkan di atas tepung terigu. Kita juga bisa menggunakan larutan tepung terigu (bisa juga ditambahkan tepung beras) yang lebih kental. Agar makin renyah, berikan baking powder pada lapisan tepung.

      Nah, itulah serba-serbi tips membuat variasi singkong goreng yang unik. Mudah saja, bukan, menaikkan cita rasa hidangan favorit keluarga jadi luar biasa? Yuk, ikuti triknya di dapur kita agar kita selalu dapat menyajikan hidangan terbaik buatan sendiri. (RED)