Bukan Dengan Membuka Lilitan, Ini Cara Makan Clorot Supaya Enggak Berantakan

By Marti, Rabu, 29 Maret 2017 | 07:58 WIB
Tips Makan Clorot (Marti)

SajianSedap.com Clorot adalah makanan tradisional Jawa yang unik. Bahan dasarnya terdiri dari tepung beras, tepung sagu, santan, gula dan garam. Terbagi atas dua bagian, yaitu bagian bawah bercita rasa manis dengan tambahan gula merah, dan bagian bawah yang rasanya lebih gurih dengan tambahan garam. Kombinasi dua rasa plus tekstur yang lembut menjadikan clorot kudapan yang enak.

Uniknya lagi, clorot ditempatkan dalam contong janur yang dibentuk melilit menyerupai silinder segitiga. Saat ingin makan clorot, reaksi pertama kita pasti adalah membuka lilitan daun janur itu supaya clorot bisa terbuka. Padahal, cara ini merepotkan dan cenderung membuat tangan kita kotor. Belum lagi daun janur yang melingkar lepas. Kurang cantik pokoknya!

Ternyata, ada cara mudah untuk mengudap clorot. Karena tekstur adonan clorot yang begitu menyatu setelah matang, maka sebenarnya clorot bisa didorong ke atas. Jangan takut clorot akan hancur karena adonannya yang menyatu tadi sangat mudah didorong ke atas. Dengan cara ini, makan clorot pun jadi mudah dan tidak merepotkan. Ayo coba!

(SP/MR)