Tips Membuat Ikan Rica-Rica dengan Rasa yang Luar Biasa

By dina, Rabu, 5 April 2017 | 06:12 WIB
Tips Membuat Ikan Rica-Rica dengan Rasa yang Luar Biasa (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Ayo simak tips membuat ikan rica-rica yang menggoyang lidah nikmatnya. Mengapa rica-rica? Pertama, tentu rasa gurih ikan cocok disandingkan dengan cita rasa pedas. Rica, masakan Manado ini, memang memiliki arti pedas atau cabai. Kedua, bumbu pedas mampu menyamarkan aroma amisnya dan menaikkan cita rasa gurihnya.

      Dalam membuat ikan rica-rica, ikan bisa dibakar atau digoreng lantas ditumis dan diungkep dalam bumbu pedas. Proses pemasakan ini berguna agar aroma ikan yang agak menyengat bisa hilang. Umumnya, ikan yang digunakan berdaging tebal dan padat seperti tuna, tenggiri, dan tongkol.

Baca juga: Wow, Ini Hasil Percobaan Ayam Goreng Dengan 9 Jenis Tepung, Mana Yang Paling Renyah?

     Cabai yang digunakan dalam rica-rica umumnya adalah cabai merah. Agar pedasnya unik dan sedap, kita bisa menggunakan gabungan cabai merah keriting, cabai merah besar, dan cabai rawit merah. Cabai merah keriting adalah sumber utama rasa pedas dalam hidangan rica-rica sedangkan cabai merah besar menyumbang warna merah menyala yang cantik. Sementara itu, cabai rawit merah memberikan aroma pedas khas cabai serta memberi rasa pedas yang ekstra.

    Aromanya juga lebih menarik. Sandingkan dengan aromatik seperti serai dan daun jeruk. Tambahan tomat juga memberi rasa dan warna yang segar.

Baca juga: Gurih Menggiurkan Tumis Ayam Jamur yang Resepnya Mudah Dibuat

     Agar bumbu rica-rica pedas meresap dalam ikan, tambahkan air dalam tumisan. Biarkan di atas api kecil sampai mengering. Waktu yang paling tepat untuk memasukkan ikan ke dalam tumisan bumbu rica-rica adalah saat tumisan sudah tidak berair. Artinya, rasa bumbu sudah tidak langu lagi. Setelah bumbu matang, kita juga bisa menambahkan sedikit air apabila ingin tekstur ikan rica-rica sedikit bersaus.

     Nah, itulah tips yang bisa Anda ikuti jika ingin membuat hidangan sedap menggoda berupa ikan rica-rica untuk lauk makan di rumah Anda. Agar lebih mahir, ikuti saja aneka resepnya di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (RED)

Baca juga:

Resep Ayam Taliwang Mantap, Pas Buat Akhir Pekan

Tips Sukses Membuat Bakwan Jagung Renyah Gurih dan Manis Layaknya Restoran Manado

Cuma Dengan Ikan Segar dan Tips Rahasia Ini, Pempek Dijamin Kenyal Tanpa Bahan Pengenyal