Variasi Cara Membuat Gado-Gado Sesuai Lidah dan Selera Orang Indonesia

By dina, Kamis, 14 September 2017 | 04:34 WIB
Variasi Cara Membuat Gado-Gado Sesuai Lidah dan Selera Orang Indonesia (dina)

      SajianSedap.com – Mari tengok aneka cara membuat gado-gado. Gado-gado yang merupakan saladnya orang Indonesia ini sangat digemari banyak orang. Buktinya, kita mudah saja menemukan tukang gado-gado di mana-mana karena banyaknya.

      Pada dasarnya, yang disebut gado-gado adalah aneka macam sayuran yang disajikan dengan saus kacang. Di dalamnya dilengkapi juga dengan irisan kentang, tahu, dan tempe. Kemudian di bagian atas ditaburkan kerupuk dan emping. Dari dasar inilah gado-gado bisa dikreasikan. Yuk, simak macamnya.

Sayuran yang Digunakan

      Sayuran dalam gado-gado umumnya terdiri dari kangkung, bayam, wortel, kol, labu siam, dan taoge yang direbus. Akan tetapi, jenis sayuran bisa saja diubah. Kita bisa saja menambah/menggantikan sayuran tersebut dengan kecipir, wortel, buncis, atau sayuran lainnya.

(Baca juga: Resep Gado-Gado Pelangi)

Bumbu Kacang

      Umumnya, bumbu kacang gado-gado terbuat dari kacang tanah yang dipadu dengan gula merah, cabai, bawang, dan bumbu tambahan sesuai selera. Namun, ada pula yang mengganti kacangnya dengan kacang mede atau kacang lain yang unik.

Menurut versi aneka daerah di Indonesia, inilah beberapa contoh cara mengkreasikan gado-gado.

(Baca juga: Resep Gado-Gado Mi)

Bahan Pelengkap

      Gado-gado bisa disantap bersama irisan lontong atau nasi. Kadang dimakan begitu saja karena sudah cukup mengenyangkan dan komplet.

      Nah, itulah aneka cara membuat gado-gado yang sesuai dengan lidah dan cita rasa orang Indonesia. Yang manakah versi favorit Anda? Apapun itu, gado-gado tetap merupakan salah satu hidangan favorit orang Indonesia. Jika ingin membuatnya sendiri, Anda bisa menengok resepnya di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (SP)