Selain Pempek, Palembang Juga Punya 5 Hidangan Berkuah Gurih Sedap Ini

By Virny Apriliyanty, Kamis, 13 April 2017 | 07:42 WIB
Selain Pempek, Palembang Juga Punya 5 Hidangan Berkuah Gurih Yang Sedapnya Bukan Main (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.com - Walau paling terkenal dengan pempeknya, Palembang ternyata juga masih punya aneka hidangan khas lain juga sedap. Coba saja sebut kerupuk ikan, kerupuk kuku macan, model, tekwan, dan aneka hidangan lainnya. Semuanya memang kalah tenar dari pempek, tapi semuanya tak kalah lezat. 

Palembang juga terkenal dengan aneka hidangan seafoodnya. Namun di sana, seafood seperti ikan dan udang lebih banyak diolah menjadi hidangan berkuah ketimbang dibakar atau digoreng begitu saja. Hidangan seafood ini akan menghasilkan kaldu manis dan gurih yang memanjakan lidah. 

Nah untuk anda yang penasaran, berikut ini kami hadirkan 5 resep hidangan berkuah khas Palembang yang cocok dijadikan hidangan di meja makan. Kelezatannya bagaikan membawa kita makan langsung di kota asalnya. 

Tekwan

Tekwan sebenarnya adalah pengembangan dari resep pempek ikan yang dibuat menjadi bola-bola kecil berbentuk tidak beraturan. Yang membedakan, tekwan tidak dihidangkan dengan kuah cuko, melainkan kuah kaldu ikan atau udang yang bening dan segar. Dalam kaldunya, dicampur juga potongan bengkoang yang memberi rasa manis dan jamur kuping untuk tekstur crunchy. Hidangan Tekwan sendiri sebenarnya sudah cukup terkenal dan disukai banyak orang di luar Palembang karena rasanya yang gurih dan segar. Karena itu, keluarga kita di rumah juga pasti jatuh hati dengan kelezatannya.