Membuat Bolu Gulung Tanpa Oven, Bagaimana Caranya, Ya?

By dina, Kamis, 20 April 2017 | 04:53 WIB
Membuat Bolu Gulung Tanpa Oven, Bagaimana Caranya, Ya? (dina)

      SajianSedap.Grid.IDTanpa oven, bukan berarti kita tak bisa membuat bolu gulung, lho. Sejauh Anda punya kukusan di rumah, bolu gulung seenak dan secantik apa pun pasti bisa Anda buat. Bahkan, tidak kalah dengan bolu gulung yang dijual di toko kue. Selain bisa Anda nikmati sendiri, bolu gulung kukus pun bisa jadi ide bisnis yang oke, lho.

      Untuk bolu gulung kukus, metode yang paling pas untuk dipakai adalah metode sponge cake. Telur bersama gula dikocok sampai mengembang lalu dicampurkan dengan tepung dan cairan.

      Tepung yang digunakan bisa tepung terigu, tepung beras, tepung ketan, tepung maizena, atau campuran jenis tepung tersebut. Sementara itu, cairan umumnya dari margarin cair, susu, santan, sari buah, cooking chocolate.

(Baca juga: Red Velvet Pancake Muffin, Teman Ngemil Cantik di Sore Hari)

      Berikut ini adalah hal yang wajib Anda perhatikan dalam membuat bolu gulung tanpa oven:

  1. Perhatikan ukuran bolu gulung/loyang. Sesuaikah dengan ukuran panci pengukus? Kalau pengukus terlalu kecil dibanding loyangnya, buat tiga perempat adonan atau setengah adonan saja.
  2. Api yang kita gunakan harus cukup besar sehingga kukusan bisa panas.
  3. Loyang harus dialasi kertas roti. Bagian alasnya dioleskan minyak, tetapi dinding loyang tidak dioleskan apa pun.
  4. Kue yang dikukus dimatangkan oleh uap panasnya. Karena itu jalan keluar uap tidak boleh ditutup semua. Gunakan loyang yang sedikit lebih kecil dari kapasitas loyang.
  5. Pengukusan harus tepat benar waktunya. Bila terlalu lama, bolu akan menjadi keras.
  6. Penggulungan bolu sebaiknya dilakukan selagi masih hangat selagi kue masih lentur. Bolu kukus seringkali menjadi kerig ketika dibiarkan lama.

(Baca juga: Resep Bolu Kukus Gulung Tiga Warna)

      Tidak hanya itu. Jika sudah mahir, bolu gulung bisa dipercantik dengan membuat motif-motif. Motif bolu gulung bisa dilakukan sebagai berkut:

       Ambil sebagian adonan. Tambahkan pasta cokelat. Semprotkan di berbagai tempat lalu bentuk dengan tusuk sate atau garpu.

      Ambil sebagian adonan, beri cokelat/pewarna lalu semprotkan berbentuk polkadot di dasar cetakan.

       Semprotkan warna-warni secara miring sampai sepenuh loyang.

       Nah, itulah cara mudah kita membuat bolu gulung kukus tanpa oven. Mudah sekali, bukan? Apabila ingin lebih mahir, Anda bisa melihat aneka resepnya di website kesayangan Anda ini. Yuk, kumpulkan bahannya dan selamat berkreasi di dapur! (SP)

Baca juga: