Ide Membuat Salad, Padukan Tomat dan Avokad yang Banyak Khasiat!

By dina, Senin, 1 Mei 2017 | 07:56 WIB
Ide Membuat Salad, Padukan Tomat dan Avokad yang Banyak Khasiat (dina)

       SajianSedap.Grid.ID – Untuk sajian hari ini, yuk, membuat salad dari tomat dan avokad. Cita rasa tomat yang asam manis berpadu mantap dengan cita rasa avokad yang lembut seperti mentega. Namun, yang patut Anda perhatikan lagi adalah khasiatnya.

Tomat

     Salah satu kelebihannya, tomat bisa dimakan segar, bisa dijus, bisa juga dimasak. Apalagi jika dibuat salad.Buah yang biasa dianggap sebagai sayur ini banyak mengandung vitamin C dan likopen. Likopen adalah antioksidan yang bisa menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat. Likopen juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

(Baca juga: Mengapa Tomat Harus Dimasak?)

     Tomat juga banyak mengandung karoten (bahan vitamin A) dan antosianin, zat warna alami yang juga berfungsi antioksidan. Likopen tomat lebih mudah diserap jika tomat dalam keadaan sudah dimasak. Jika tomat dimasak, kita bisa memperoleh manfaat optimal likopen. Kalau dimakan mentah, kita bisa bisa memperoleh manfaat multivitaminnya. Nah, sebelum membuat salad, tomat bisa digrill dahulu untuk meningkatkan kandungan likopennya.

Avokad

      Buah dengan cita rasa lembut ini biasanya kita nikmati sebagai jus, namun sebetulnya lebih disarankan dikonsumsi langsung seperti dalam hidangan salad. Avokad banyak mengandung lemak. Tapi sebagian besar lemak avokad bukan dari golongan lemak jahat, melainkan lemak tak jenuh, alias lemak baik yang bisa menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

      Avokad tidak begitu manis dan termasuk buah dengan indeks glisemik rendah. Meski tak begitu manis, avokad mengandung cukup banyak kalori karena banyak mengandung lemak. Sekitar 75% kalori avokad berasal dari lemak.

(Baca juga: Cara Memilih Avokad Matang)

      Karena kandungan lemak ini, avokad biasa digunakan oleh kaum vegetarian sebagai substitusi lemak hewani. Avokad juga merupakan sumber kalium yang baik, selain pisang. Bahkan, kandungan kaliumnya sedikit lebih tinggi daripada pisang. Tiap 100 g avokad mengandung kalium 480 mg. Avokad juga banyak mengandung vitamin B, E, dan K.

     Nah, itulah alasan kenapa Anda boleh memadukan avokad dan tomat sebagai ide membuat salad di hari libur ini. Sajikan bersama aneka steak, boleh juga, lho. Yuk, makan lebih sehat agar tubuh bugar hingga tua. (MS)

(Baca juga: Salad Sayuran Jeruk Bali, Selingan Segar Sebelum Makan Utama)

(Baca juga: 15 Menit Membuat Salmon With Avocado Sauce)