Tips Membuat Kue Dadar Lebih Menarik dan Menggiurkan Penampilannya

By dina, Rabu, 3 Mei 2017 | 06:33 WIB
Tips Membuat Kue Dadar Lebih Menarik dan Menggiurkan Penampilannya (dina)

       SajianSedap.Grid.ID – Mari tengok tips membuat kue dadar berikut ini. Namun, kali ini kita bukan sekadar belajar membuat kue dadar dengan resep tertentu. Sekarang, saatnya mencoba kue dadar yang penampilannya berbeda. Pertama, kulit dadar bisa dibuat bermotif. Kedua, cara melipatnya tidak mesti digulung, Tentu lebih keren dan menggiurkan.

       Yuk, simak cara-cara yang bisa kita gunakan dalam membuat kue dadar bervariasi.

Bahan Kue Dadar Bermotif

       Tidak berbeda dengan bahan dadar pada umumnya, kue dadar bermotif bisa kita buat dari tepung terigu, garam susu, dan telur. Bahan adonannya harus encer supaya dadar bisa tipis hasilnya.

(Baca juga: Sarapan Tradisional dengan Resep Dadar Gulung Saus Kinca Manis nan Mudah)

       Untuk bisa membentuk motif, maka adonan dadar harus dibagi paling tidak jadi dua bagian. Masing-masing diberi warna yang berbeda. Misal tanpa warna dan hijau, putih dengan cokelat, atau gabungan tiga rasa seperti putih, cokelat, dan moka.

       Masukkan adonan dadar ke dalam plastik segitiga supaya memudahkan pembentukan motif. Akan tetapi untuk adonan penutup yang kita masukkan terakhir setelah menggambar motif (nantinya akan jadi dasar warna) tak perlu dimasukkan dalam plastik segitiga. Cukup gunakan sendok sayur.

Membentuk Motif Kue Dadar

      Motif dadar bisa dibuat beragam. Misalnya:

       Tuang saja dadar warna tertentu di satu sisi, kemudian tuang dadar warna lain di sisi sebelahnya. Jika menggunakan tiga warna, tentu adonan warna lainnya bisa diaplikasikan di bagian yang masih kosong.

(Baca juga: Membuat Pisang Ijo Bungkus Crepes, Modifikasi Snack Tradisional nan Istimewa)

       Tentukan dulu motif yang dikehendaki. Misalnya bola-bola, garis-garis, atau obat nyamuk. Semprotkan adonan untuk motif sesuai bentuk yang kita kehendaki. Biarkan sebentar agak mengering, lalu siram motif dengan adonan penutup (dadar warna dasar). Dadar sampai matang.