Mencegah Mabuk Perjalanan Bisa Dilakukan Dengan Menghindari Konsumsi Makanan Ini

By dina, Jumat, 22 Desember 2017 | 09:42 WIB
Mencegah Mabuk Perjalanan Bisa Dilakukan Dengan Menghindari Konsumsi Makanan Ini (dina)

     SajianSedap.Grid.ID – Dalam mencegah mabuk perjalanan, ada jenis-jenis makanan yang patut kita hindari. Memang, menjaga asupan makanan saja tidak cukup untuk mencegah kondisi mabuk perjalanan. Namun, faktor ini bisa sangat membantu.

     Sebelum belajar mencegahnya, yuk, kenali dahulu kondisi ini. Sesungguhnya, mabuk perjalanan bukan hanya berasal dari sugesti. Kondisi ini benar-benar berhubungan dengan kesehatan kita.

     Mabuk perjalanan ditandai dengan rasa mual dan muntah-muntah yang disebabkan oleh gerakan yang terjadi sepanjang perjalanan. Hal ini dapat terjadi bila naik mobil, kereta api, kapal api, kapal laut, pesawat terbang, bahkan karena permainan seperti komidi putar, kora-kora, dan lain-lain.

(Baca juga: Hindari Konsumsi 7 Bahan Makanan Ini Saat Perut Kosong!)

     Gejala mabuk perjalanan di antaranya adalah pusing, berkeringat dingin, tidak nafsu makan, mual, hingga muntah. Ternyata, penyebabnya adalah gangguan mekanisme keseimbangan dalam rongga telinga dalam. Hal ini dipicu oleh gerakan kendaraan yang terus-menerus.

     Untuk mencegahnya, jalan paling mudah adalah meminum obat antimabuk sebelum bepergian. Namun, ada lagi hal-hal yang bisa kita lakukan atau hindari.

     Dari segi pola makan, kita dianjurkan untuk makan, tetapi jangan terlalu kenyang sebelum melakukan perjalanan. Jadi, bertentangan dengan banyak pendapat orang dalam menghindari muntah, kita tidak dianjurkan dalam keadaan perut kosong. Banyak orang yang beranggapan jika kita tidak makan, kita tidak akan muntah. Hal tersebut tidak benar.

(Baca juga: Cara Makan Ini Bisa Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil)

     Dari segi asupan makanan, perhatikan konsumsi makanan mulai dari sehari hingga sesaat sebelum bepergian. Jangan makan hidangan yang terlalu berlemak. Hindari pula goreng-gorengan dan masakan bersantan yang kental. Buang-buang jauh keinginan makan jeroan,seperti hati, limpa, babat, dan otak. Kue-kue bercita rasa berat dengan mentega, krim, dan cokelat yang banyak pun wajib kita hindari.

    Nah, itulah hal-hal yang bisa kita lakukan dalam mencegah kondisi mabuk perjalanan dari segi asupan makanan dan pola makan. Sekarang, jangan takut lagi mabuk saat bepergian. Cara ini dijamin ampuh meringankan gejala mabuk perjalanan. Selamat mencoba. (Sitawati, D.Cn)

(Baca juga: Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Saat Mabuk)

(Baca juga: Khasiat Dahsyat Paprika Untuk Mencegah Anemia Dan Katarak)

(Baca juga: Ingin Mengurangi Kandungan Lemak dalam Makanan Sehari-hari? Ikuti Trik Ini!)