Mengolah Sayap Ayam Jadi Menu yang Bervariasi, Ini Dia Rahasia Mudahnya

By dina, Senin, 22 Mei 2017 | 04:15 WIB
Mengolah Sayap Ayam Jadi Menu yang Bervariasi, Ini Dia Rahasia Mudahnya (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Ayo simak cara mudah mengolah sayap ayam jadi aneka hidangan yang mantap rasanya. Sayap ayam adalah bagian ayam yang termasuk sering dicari orang. Salah satu alasannya karena dagingnya lembut dan tidak kesat atau sepah seperti dada ayam.

       Bagi orang yang senang mengisap-isap tulang, sayap ayam juga sering jadi pilihan favorit karena banyak tulang-tulang kecil dan tulang rawan yang enak digigit-gigit. Karena banyak tulangnya, dagingnya jadi tidak banyak. Terkadang, ini jadi alasan orang kurang menyukai sayap ayam. Ya, selera orang memang berbeda-beda.

(Baca juga: Empat Langkah Jitu Membuat Sayap Goreng Balut Saus Manis Gurih)

      Sayap ayam, seperti halnya bagian ayam yang lain, bisa dimasak atau diolah jadi berbagai masakan. Mulai dari sup sayap ayam, sayap goreng, sayap panggang, sampai tumis sayap ayam.

      Namun, ingattlah bahwa sayap ayam tidak pas kita ambil dagingnya untuk dijadikan isi masakan tertentu. Pasalnya, jumlah dagingnya begitu sedikit. Akan terlalu repot dan membuang waktu bagi kita untuk mengambil daging sayap dan menjadikannya fillet.

(Baca juga: Kelezatan Sayap Goreng Saus Keju Bikin Lidah Bergoyang )

      Meski tidak cocok jadi isi, sayap ayam bisa diisi dengan daging ayam cacah, ikan, atau udang giling. Caranya, kita tinggal mengerat kulitnya lantas mengeluarkan tulangnya hingga terbentuk rongga. Nah, rongga inilah yang kita isi dengan adonan.

      Sayap ayam memiliki dua bagian utama. Bagian yang bertulang kecil sejumlah dua buah dinamakan sepet, sementara bagian yang memiliki pentolan disebut pentul. Keduanya bisa dimasak terpisah. Artinya, yang dimasak hanya pentulnya saja atau bagian yang bertulang dua saja.

(Baca juga: Cicipi Sayap Ayam Goreng Tabur Bubuk Cabe Ini)

      Sayap ayam juga bisa didandani hingga cantik tampilannya. Yang bagian pentul, misalnya, bisa diserot ke atas hingga menjadi pentulan yang membulat. Istilahnya adalah sayap ayam tulip. Bisa juga tulang sayap dikeluarkan lalu diisi. Sementara,  tulang ujungnya dibiarkan hingga jadi tangkainya.

      Nah, itulah sebagian dari banyak cara mengolah sayap ayam jadi berbagai masakan. Anda bisa menyimak berbagai resep mudahnya di website kesayangan Anda ini. Dengan mengikuti cara yang benar, dijamin pujian akan Anda dapatkan dari keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba. (SP)

(Baca juga: Resep Sayap Ayam Kecap Wijen)

(Baca juga: Ragam Resep Sayap Ayam Gurih dan Unik)