Serabi Saus Karamel, Hidangan Istimewa Yang Manisnya Meriahkan Waktu Berbuka

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 3 Juni 2017 | 06:35 WIB
Serabi Saus Karamel, Hidangan Istimewa Yang Manisnya Meriahkan Waktu Berbuka (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.com – Jika keluarga kita adalah penggemar serabi, maka tak ada salahnya membeli cetakan serabi dari tanah liat yang banyak dijual di pasaran. Setelah memiliki alat itu, maka membuat resep serabi aneka rasa bukan lagi jadi masalah. Usahakan membeli 2 cetakan serabi untuk digunakan pada 2 tungku kompor agar membuat serabi jadi lebih cepat. Jika tidak punya cetakan serabi, resep ini sebenarnya bisa juga dibuat di atas teflon. Tapi hasilnya pasti jadi seperti pancake ketimbang serabi. 

Banyak orang mengira, tekstur serabi yang bersarang dan berserat didapat dari tambahan ragi. Padahal membuat ragi tidak menggunakan ragi tapi menggunakan baking powder. Teksturnya yang berserat didapat dari pengulenan yang terus menerus sehingga protein yang terkandung di dalam adonan berbuah menjadi gluten dan menimbulkan serta. Ingat, pengulenan harus stabil dan terus meneruk selama waktu yang diminta. 

Kali ini, serabi kami kreasikan dengan saus karamel. Tidak seperti gula merah yang cuma punya rasa manis, saus karamel punya aroma karamel yang super sedap dan unik. Warna sausnya juga lebih soft jadi tampilan serabi makin cantik. Serabi saus karamel ini benar-benar hidangan istimewa yang manisnya bisa meriahkan waktu berbuka.