Membuat Sayur Godog Bervariasi dengan Aneka Bumbu Dasar Berbeda, Sedap dan Mudah!

By dina, Sabtu, 3 Juni 2017 | 06:41 WIB
Membuat Sayur Godog Bervariasi dengan Aneka Bumbu Dasar Berbeda, Sedap dan Mudah! (dina)

     SajianSedap.Grid.ID – Setiap bulan Ramadan atau Lebaran, membuat sayur godog yang bervariasi selalu jadi pilihan di dapur. Setiap tahun, kita pasti ingin sayur godog yang berbeda supaya tidak terasa sebagai pengulangan.

     Selain pilihan isi, bumbu yang digunakan juga mampu  menghasilkan variasi berbeda. Secara umum, sayur godog sebetulnya bisa dibuat dari bumbu dasar yang kemudian dikembangkan dengan tambahan bumbu pengharum. Contohnya adalah serai, lengkuas, salam, honje,  dan daun jeruk.  Tambahan ebi dan terasi juga bisa ikut melengkapi bumbu halus. Yuk, simak variasinya.

(Baca juga: Resep Sayur Godog Rebung)

     Bumbu dasar putih atau bumbu dasar putih tanpa kemiri  menghasilkan kuah yang putih warnanya. Sayur godog seperti ini disarankan menggunakan banyak sayuran yang warna-warni supaya tampilan sayur godog menarik.

     Sementara itu, bumbu dasar merah (bisa juga tanpa kemiri) menghasilkan sayur godog yang kemerahan. Ke dalam bumbu halus bisa juga kita tambahkan terasi. Jika menggunakan bumbu dasar merah, tambahkan sentuhan bahan berwarna hijau pekat agar warna sayur godog menarik. Misalnya, petai atau cabai hijau.

(Baca juga: Resep Sayur Godog Labu Siam Ebi)

     Bumbu dasar kuning menghasilkan  sayur godog yang barnuansa kunyit yang harum dan gurih. Ramaikan sayur godog ini dengan bahan warna merah dan hijau seperti wortel, cabai hijau, dan petai.

     Sementara itu, paduan bumbu kuning dan merah akan menghasilkan bumbu yang sangat enak.  Aroma kunyitnya dapat, rasa pedasnya juga dapat. Segala warna bahan bisa masuk di sini untuk memperkaya masakan.

(Baca juga: Resep Sayur Godog Aroma Kemangi)

     Memblender bumbu halus yang ditumis harus menggunakan minyak sebagai bahan pengikatnya, bukan air. Jadi, saat menumis kita tidak perlu lagi menambahkan minyak, atau gunakan tambahan sedikit saja.  

     Santan yang digunakan untuk sayur godog sebaiknya tidak kental. Untuk 2.000ml, cukup satu kelapa.

     Nah, itulah cara mudah membuat sayur godog yang bervariasi dengan bumbu dasar yang berbeda-beda. Yuk, kita coba membuatnya di dapur sendiri. (RED)

(Baca juga: Resep Sayur Godog Labu)

(Baca juga: Resep Sayur Godog Tempe)