Yuk Buat Sendiri Hantaran Lebaran Yang Cantik Untuk Kerabat

By Virny Apriliyanty, Kamis, 8 Juni 2017 | 09:44 WIB
Ragam Hantaran Lebaran Yang Bisa Kita Buat Sendiri Untuk Orang Terkasih (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.com – Makanan merupakan makanan yang paling sering dikirim orang sebagai hantaran. Makanan yang dibuat sendiri tentu lebih spesial ketimbang yang dibeli di luaran. Ada bumbu cinta yang membuat hantaran jadi tambah lezat. Belum lagi rasa bangga yang kita rasakan saat si penerima memuji kelezatan makanan yang kita hantar.  

Membuat Bingkisan Lebaran yang Berkesan

        Makanan yang enak kalau dikemas dengan cantik jadi makin enak lho. Enak di lidah dan enak dipandang mata. Karena itu, kemasan hantaran penting untuk diperhatikan. Makanan juga sebaiknya dikombinasikan dengan barang tertentu seperti peralatan dapur, misalnya agar ada kenang-kenangan yang bisa disimpan si penerima. 

       Barang yang dipadukan sebaiknya tidak menyimpang jauh. Misalnya, mengantar rendang, tentu akan kelihatan aneh kalau dikombinasikan dengan kerudung. Aneka kerupuk, contohnya akan kelihatan serasi bila diantarkan bersama stoples cantik. Tetapi sekali lagi, cara pengemasan ikut "bicara". Kalau pengemasan cantik, barang yang kurang padu pun akan kelihatan "manis".

(Baca juga: Dengan Sedikit Sentuhan Saja, Menu Berbuka Bisa Tampil Beda Saat Sahur)

Contoh Hantaran Yang Bisa Kita Buat Sendiri

1. Kue Kering

        Kue kering selalu jadi hantaran yang disuka. Agar lebih spesial, hindari mengirim kue kering yang klasik seperti nastar, lidah kucing atau kastengel. Kue kering seperti itu biasanya sudah pasti ada di setiap rumah. Coba buat resep Honey Cereal Cookies dan Kue Kering Keju Crispy yang lebih cantik dan unik untuk hantaran. Bungkus juga kue kering dalam toples cantik yang bisa disimpan oleh si penerima. 

2.  Ayam Goreng Keremes

       Ayam goreng teman makan ketupat yang enak. Maka, tak salah kalu kita  mengirimkan kerabat atau sahabat ayam goreng yang lezat. Ayam goreng bisa dikemas dalam baki yang dialasi daun pisang ayau daun janur yang sudah dilipat cantik. Pilihan lain dalam tampah. Bisa juga ditambahkan kerupuk, lalap, sambal, dan nasi timbal/ketupat. Barang yang disertakan bisa cetakan pai (untuk tempat ayam), stoples kecil untuk tempat sambal, dan kaleng kerupuk untuk tempat kerupuk

(Baca juga: Kremes Kesukaan Keluarga Pasti Renyah Maksimal Jika Menggunakan Tips Ini)

3. Aneka Kerupuk         Kerupuk tampaknya sepele. Tetapi coba lihat, hampir di tiap rumah, punya kerupuk yang disajikan bersama ketupat dan "kawan-kawannya". Iya, kan? Jadi, bayangkan betapa senangnya si penerima kalau menerima aneka kerupuk? Apalagi kalau kerupuknya unik-unik. Sebagai teman kerupuk, sertakan wajan dan minyak goreng. Kemas cantik hingga si penerima terkesan dan selalu teringat betapa besar dan tulus perhatian Anda kepadanya.  

 

4. Pempek         Kita jago membuat pempek? Mengapa tidak mengantar pempek? Bayangkan Anda pergi silahturahmi lalu disuguhkan pempek. Wah, senangnya. Sebagai padanannya, Anda bisa menambahkan saringan untuk mengangkat gorengan. Kalau masih ada yang ingin Anda tambahkan, kemas saja pempek dalam mangkuk. Tambahkan juga stoples cantik sebagai tempat meletakkan saus. 

 

        Nah, siapa tak senang mendapat kiriman seperti di atas? Intinya, bingkiskan saja aneka makanan yang memang jadi andalan kita. Bisa juga rendang, opor, puding atau cake cantik. Jangan lupa surat ucapan selamat supaya jadi makin berkesan ya. (SP)