Ini Pola Makan Bondan Winarno Selama Hidup, Tidak Gemuk Walau Makan Banyak

By Sajian Sedap, Rabu, 29 November 2017 | 06:14 WIB
Maknyus! Ini Dia Rahasia Bondan Winarno Tetap Fit Walau Banyak Makan (Sajian Sedap)

SajianSedap.grid.id – Siapa yang tak kenal Bondan Winarno? Pria kelahiran Surabaya, 67 tahun silam ini begitu terkenal dengan jargon "'pokok'e maknyus!". Walau telah menutup usia di hari ini (29/11), Bondan akan tetap dikenang sebagai tokoh yang sangat berpengaruh pada kuliner Indonesia. Bagaimana tidak, dalam program TV yang dibawakannya, Bondan telah mempopulerkan ratusan makanan khas Indonesia sampai juga dunia.

       Tak heran, kalau banyak yang bertanya, bagaimana Bondan bisa tidak gemuk walau pekerjaan sehari-harinya adalah mencicipi segala jenis makanan. Ada yang sehat, ada juga yang tentunya tinggi kolsterol, tinggi garam, sampai juga diabetes. Segala macam penyakit bisa saja menyerangnya. Ternyata, Bondan punya kiat tersendiri agar tidak gemuk walau makan banyak. Ini dia, pola hidup sehat yang senantiasa dijalaninya,

1. Jalani diet ketat

      Ternyata Bondan menjalani diet ketat sebagai pola hidupnya. Setelah menjalani proses syuting selama dua sampai tiga hari, Bondan akan sangat menjaga pola makan sesudahnya. Ia akan mengganti nasi dengan roti atau ubi sebagai sumber karbohidrat yang menjaga kadar gulanya tetap stabil. Tak lupa, Bondan juga memperbanyak konsumsi sayuran. Cara ini ampuh menghindari tubuh dari berbagai penyakit dan tentunya juga obesitas. Itu sebabnya, bobot tubuh Bondan tetap stabil.

(Baca juga: Yuk, Belajar Membuat Minyak Ayam yang Bisa Melezatkan Semua Masakan)

(Baca juga: Classic French Toast, Roti Tawar yang Disulap Jadi Sarapan Mewah Super Praktis)

2. Detoks

      Pola sehat lain yang Bondan lakukan adalah detoks. Tidak terhitung berapa kemungkinan jumlah racun yang masuk ke dalam tubuhnya lewat makanan. Untuk itulah Ia menetralisir racun tersebut dengan makan buah, sayur, dan jus. Ia dikabarkan rutin minum dua liter air dan 200 cc jus per harinya. Dengan begitu Ia tidak perlu khawatir racun menumpuk dalam tubuhnya. Bentuk tubuhnya pun tetap proporsional.

3. Olahraga

      Sebagai pelengkap, Bondan mengaku kalau Ia selalu menyempatkan diri untuk olahraga. Bahkan disela-sela kesibukannya, Bondan masih berolahraga agar menyeimbangkan pola hidup yang dijalaninya. Olahraga penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Selain itu, olahraga juga bisa memperlancar metabolisme tubuh dan membakar lemak sehingga Bondan tidak gemuk walau makan banyak

      Jadi tahu, kan, kenapa Bondan bisa tidak gemuk walau makan banyak? Rahasianya adaa pada 3 pola hidup sehat di atas. Akhir kata, selamat jalan Bondan Winarno. Semoga tenang disisi-Nya. Pokok’e maknyus! (MA)

Sumber dok. Berbagai sumber