Menghilangkan Bau Apek Pada Stoples Ada Cara Jitunya, Buktikan Sendiri!

By Virny Apriliyanty, Selasa, 12 Desember 2017 | 12:42 WIB
Menghilangkan Stoples Bau Apek Ada Cara Jitunya, Buktiin Sendiri! (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Mendekati Hari Raya, kita biasa akan membongkar stoples-stoples cantik yang tersimpan rapi di dalam lemari. Tapi tak jarang, stoples yang sudah lama tidak dipakai ini jadi beraroma kurang sedap. Bisa apek, bisa juga masih menyisakan aroma makanan sebelumnya. Bahayanya lagi, kalau dibiarkan, bau apek pada stoples ini bisa juga masuk ke dalam makanan baru yang disimpan di dalamnya.

      Nah, untuk mengatasi bau apek pada stoples, ada cara jitu yang bisa kita lakukan. Caranya bisa dibilang cukup mudah karena menggunakan bahan-bahan sederhana di sekitar rumah. Tapi, efeknya jangan diremehkan. Yuk, buktikan saja sendiri,

Gunakan Bubuk Kopi

       Kopi sejak lama dikenal bisa menyerap bau. Itu sebabnya, kalau ada aroma tidak sedap dalam lemari es, tinggal masukkan bubuk kopi ke dalamnya. Nah, hal yang sama juga berlaku untuk stoples bau apek. Cukup masukkan bubuk atau biji kopi ke dalam stoples bau apek. Tutup lalu diamkan selama 1 – 2 hari. Setelah itu, buang kopinya, lalu cuci stoples seperti biasa. Bau apek pada stoples pun sirna.

(Baca juga: Kesal Karena Kerak Hitam Pada Pantat Wajan? Hilangkan dengan Cara Mudah dan Praktis Ini)

(Baca juga: 3 Bahan Saja Untuk Egg Tofu Lezat Buatan Sendiri )

Manfaatkan Koran Bekas

       Ternyata koran bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau apek pada stoples, lo. Jangan tanyakan mengapa, tapi cara ini terbukti ampuh. Kita hanya perlu meremas-remas koran sampai berbentuk gumpalan. Setelah itu, masukkan ke dalam stoples bau apek, lalu diamkan semalaman. Begitu dibuka, bau apeknya pasti sudah sirna. Jangan lupa dicuci sampai bersih kembali, ya.

Jemur di Bawah Matahari

       Matahari terkenal bisa membunuh segala kuman penyakit. Begitu pula dengan kuman penyebab bau apek pada stoples. Jadi, jemur dulu stoples berbau apek di bawah sinar matahari selama seharian. Tapi, cara ini sebaiknya tidak dilakukan pada stoples berbahan plastik yang tidak tahan terhadap panas tinggi.

      Jangan lupa, selalu cuci bersih stoples dengan menggunakan sabun setelah mengaplikasikan 3 tips di atas, ya. Kalau bau apek pada stoples masih belum hilang juga, mungkin itu pertanda kita sudah harus membeli stoples baru. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Foto dok. youne.com

(Baca juga: Agar Brownies Kukus Empuk dan Tidak Bantat, Ini Dia Cara Mengukus yang Benar)

(Baca juga: Simpan Tahu Dengan Cara Ini, Dijamin Tidak Jadi Asam)