Manisnya! Lihat Aneka Permen Khas Natal di Berbagai Negara Dunia, Yuk!

By Sajian Sedap, Jumat, 22 Desember 2017 | 08:39 WIB
Manisnya! Lihat Aneka Permen Khas Natal di Berbagai Negara Dunia, Yuk! (Sajian Sedap)

SajianSedap.grid.id – Sajian khas saat Natal memang tidak pernah habis untuk dibahas. Terdapat banyak sajian mulai dari kue kering sampai makanan berat. Tapi sajian yang juga tidak boleh dilewatkan adalah permen. Ternyata, negara-negara di dunia punya permen khas Natal mereka masing-masing, lo. Semuanya disesuaikan dengan budaya dan tradisi masing-masing negara. Unik dan menarik, kan? Yuk, kita lihat 5 permen khas Natal di berbagai dunia ini!

1. Knäck, Swedia

      Knäck adalah permen berjenis toffee yang terbuat dari karamel, tepung, dan gula. Knäck menjadi permen khas Natal di Swedia. Namanya mempunyai arti “break” atau hancur, yang mengacu pada teksturnya yang keras. Tapi beberapa toko permen di Swedia membuat knäck yang lebih lembut dan mudah digigit. Meskipun resepnya terbilang mudah, tapi proses pembuatan knäck ini bisa memakan waktu sampai 1.5 jam, lo! Ini karena adonan toffee perlu diregangkan berkali-kali dan lama-kelamaan teksturnya akan menjadi lengket. 

(Baca juga: Gak Perlu Beli Mixer untuk Membuat Roti, Menguleni dengan Tangan Pasti Bisa, Kok )

(Baca juga: Rahasia Sukses Membuat Ayam Goreng Tepung Keriting, Tahan Lama dan Renyah Ala Fast Food)

2. Turrón, Spanyol dan Amerika Latin

      Permen turrón ini banyak ditemui di Amerika Latin dan Spanyol pada saat Natal. Turrón terbuat dari gula, madu, putih telur, dan almon panggang. Ada dua jenis turrón yang jadi favorit. Pertama adalah soft jijona yang memiliki tekstur lebih lembut. Yang kedua adalah hard Alicante atau turrón duro, yang berbentuk seperti nougat dengan bentuk yang tebal.

3. Korovka, Rusia

      Dalam Bahasa Rusia, korovka memiliki arti “anak sapi”. Korovka ini juga menjadi permen khas Natal di Rusia. Umumnya, permen berbentuk persegi panjang ini dibuat dari karamel dan susu kental manis. Tapi korovka juga bisa ditemukan dengan varian rasa lain seperti cranberry atau cokelat.

(Baca juga: Dahsyat! Makanan Alami Ini Bisa Membersihkan Paru-Paru Perokok, Lo)

(Baca juga: Saking Enaknya, Puding Brownies ini Benar-Benar Bikin Susah Move On)

4. Szaloncukor, Hungaria