Wajib Tahu! Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pesta Barbekyu

By Sajian Sedap, Kamis, 28 Desember 2017 | 09:08 WIB
Wajib Tahu! Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pesta Barbekyu (Sajian Sedap)

SajianSedap.grid.id – Pesta barbekyu adalah kegiatan yang menyenangkan. Semua bergotong royong mulai dari mempersiapkan bahan makanan sampai menyiapkan alat bakaran. Untuk itu pesta barbekyu sangat pas dilakukan saat liburan seperti Tahun Baru.

      Tapi tahukah Anda kalau ada kesalahan yang sering dilakukan saat pesta barbekyu? Mungkin kita tidak menyadarinya, tapi lebih baik dihindari agar hasil bakaran lebih enak dan lezat. Mau tahu apa saja? Yuk, lihat di bawah!

1. Menggunakan bahan bakar minyak

      Memang sih, menggunakan bahan bakar minyak bisa mempercepat nyalanya api di alat bakaran. Tapi itu bisa membuat makanan yang dibakar terasa tidak enak. Lebih baik, nyalakan api menggunakan koran yang diremukkan, lalu dibakar dengan korek. Setelah itu, tunggu sampai api menyebar ke bara api.

(Baca juga: Bingung Membuat Makan Siang? Langsung Contek Saja Resep Fuyunghai Kentang Ini)

(Baca juga: Enggak Akan Gagal Lagi Bikin Capcay Kuah Enak Kalau Pakai Resep Ini)

2. Tidak membersihkan besi alat bakaran

      Sebelum bahan makanan siap, coba lihat alat bakaran yang akan digunakan. Jika ada noda bekas arang yang menempel, segera bersihkan. Ini dilakukan agar makanan tidak menempel dan permukaannya menjadi rusak. Cara membersikan besi bakaran adalah panaskan di atas api kompor 2 sampai 3 menit. Setelah besi panas, sikat menggunakan sabut kawat hingga bersih dan bilas dengan air mengalir.

3. Membakar dengan api besar

      Menyalakan api memang susah, tapi bukan berarti saat api membesar, kita lantas langsung membakar makanan. Hal itu akan membuat ikan atau ayam menempel pada besi capitan. Selain itu, kemungkinan besar makanan hanya akan terlihat cokelat di luar, tapi dalamnya masih mentah. Sebaiknya tunggu arang sampai menjadi bara sehingga panasnya lah yang akan mematangkan masakan.

(Baca juga: Selain Dilapisi Telur, Ada Lagi Cara Mencegah Perkedel Hancur Saat Digoreng)

(Baca juga: Membuat Brownis Enggak Perlu Repot Kalau ada Resep Jitu Brownis Kukus Ini)