Ini Dia Cara Mudah Menyimpan Alat Makan Seusai Pesta!

By Sajian Sedap, Selasa, 2 Januari 2018 | 09:03 WIB
Ini Dia Cara Mudah Menyimpan Peralatan Makan Setelah Pesta (Sajian Sedap)

SajianSedap.grid.id – Liburan panjang sudah selesai. Semua kemeriahan Natal dan Tahun Baru pun perlahan mulai digantikan dengan kondisi rumah dan dapur yang harus dibersihkan. Apalagi setelah memasak banyak makanan untuk keluarga dan kerabat yang berkumpul di rumah. Tentu ada banyak sekali peralatan makan yang harus dibersihkan dan disimpan kembali.

      Tetapi jangan asal simpan, ya! Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan peralatan makan, khususnya gelas dan piring porselen setelah dipakai pesta. Dengan begitu, peralatan makan bisa tersimpan dengan aman tanpa takut pecah dan bisa mudah dipakai kembali ketika dibutuhkan di lain waktu. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti trik di bawah ini!

1. Simpan di Dalam Kardus

      Biasanya, piring dan gelas porselen dikemas di dalam kotak kardus tersendiri, sesuai bobotnya. Untuk itu, penting untuk tidak membuang kotak kardus pembungkus aslinya. Namun jika sudah rusak atau terbuang, kita bisa menggunakan kardus bekas mi instan atau air minum kemasan sebagai gantinya. Jangan lupa, tambahkan lakban yang kuat di bagian bawah kardus. Hal ini perlu dilakukan agar kardus semakin kuat menahan beban piring atau gelas yang disimpan.

(Baca juga: Pindang Ikan Kemangi, Olahan Ikan yang Aromanya Sunguh Menggoda)

(Baca juga: Cara Membuat Scrambled Egg yang Lembut dan Mengembang Seperti di Hotel)

2. Bungkus Piring Sebelum Disimpan

      Menyimpan piring memang butuh perhatian ekstra. Jika tidak, piring bisa pecah, lecet bagian tepinya, atau meninggalkan bekas akibat tertumpuk piring lain di atasnya. Untuk itu, kita bisa menggunakan bubble wrap atau koran sebagai pembukus/pelapis sebelum ditata. Perlu diingat, piring harus dibungkus/dipalisi satu per satu sampai menutupi seluruh permukaannya. Usahakan jangan menumpuk piring, tetapi sejajarkan piring dengan cara berdiri seperti menyimpan di dalam rak. Hal ini akan membuat beban piring menjadi sama rata dibandingkan dengan cara ditumpuk. Cara ini juga berlaku untuk menyimpan mangkuk.

3. Gunakan Potongan Kardus untuk Gelas

      Sementara untuk menyimpan gelas, sebaiknya pisahkan antar-gelas dengan potongan kardus setinggi gelas. Jangan lupa, bungkus gelas-gelas satu per satu dengan plastik. Potongan kardus dan plastik bisa mencegah tangkai atau gagang gelas saling beradu dan menekan. Dengan begitu, gelas tidak akan gompal sehingga merusak kecantikan gelas.

(Baca juga: Saking Enaknya, Puding Brownies ini Benar-Benar Bikin Susah Move On)

(Baca juga: Bakwan Mie Goreng, Kreasi Mie Instan Seru Buat Sarapan)