Bahan Makanan Ini Naik Harganya Menjelang Tahun Baru, Yuk, Beli Dari Sekarang

By Virny Apriliyanty, Rabu, 27 Desember 2017 | 09:26 WIB
Bahan Makanan Ini Naik Harganya Menjelang Tahun Baru, Yuk, Beli Dari Sekarang (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Bukan rahasia umum kalau harga pasar selalu ditentukan oleh banyaknya permintaan. Misalnya saja, mejelang Lebaran, harga cabai dan daging sapi melonjak tinggi. Maklum, hamper semua rumah membuat rendang dan aneka makanan berdaging di hari spesial itu.

      Nah, menjelang tahun baru, ada juga harga bahan-bahan makanan yang melonjak tinggi, lo. Semuanya tentu bahan makanan yang paling banyak dicari saat tahun baru. Yuk, kenali supaya kita bisa membelinya dari sekarang, mumpung belum terlalu mahal.

1. Seafood

      Harga seafood seperti ikan, udang dan cumi jadi tinggi setiap kali tahun baru tiba. Soalnya, banyak orang yang mengolahnya jadi menu BBQ. Udang misalnya, bisa meningkat 25% harganya. Makin dekat tahun baru, harganya akan makin mahal lagi. Malah bisa jadi, pasokannya juga berkurang dan sulit dicari. Jadi, beli dari sekarang, ya.

2. Daging sapi

      Untuk tahun baru, orang juga suka memanggang daging. Jadilah, daging sapi semua jenis, terutama yang mudah empuk seperti has dalam akan laris manis. Harganya pun jadi meningkat tajam. Karena itu, ada baiknya kita mulai menyetok daging sapi dari jauh-jauh hari. Asal disimpan di freezer, daging sapi bisa bertahan lama dan tetap terjaga kesegarannya.

(Baca juga: Kelapa Parut Tidak Mudah Basi dengan Tips Ini, Cocok untuk Santan dan Taburan )

(Baca juga: Dengan Resep Teruji ini, Tom Yam Soup Buatan Kita Pasti Enak)

3. Jagung

      Satu lagi bahan yang tiba-tiba jadi laris manis menjelang tahun baru. Apalagi kalau bukan jagung. Tak main-main, kalau biasa jagung dijual dengan harga Rp. 5.000,00 / 2 buah, mendekati tahun baru, harga jagung bisa melonjak jadi Rp. 5.000,00 / buahnya. Belum lagi, ukuran jagungnya biasa kecil-kecil. Kalau mau yang besar dan manis, harganya akan lebih mahal lagi.

     Tapi sayangnya, jagung sebaiknya tidak disetok terlalu lama karena muda kering dan keriput. Maksimal menyimpan jagung hanya 3 hari saja. Itupun penyimpanannya harus tepat. Jagung harus dibungkus rapat dengan plastik wrap.

     Lalu bagaimana kalau sudah terlambat dan harga bahan-bahan di atas sudah keburu melonjak? Tenang saja, kita bisa membeli sosis atau bakso yang harganya relatif stabil. Keduanya tetap enak kalau dipanggang, kok.