Tren Bisnis Kue Artis Mulai Di Ujung Tanduk, Apa Penyebabnya?

By Virny Apriliyanty, Rabu, 11 April 2018 | 14:36 WIB
Tren Bisnis Kue Artis Mulai Di Ujung Tanduk, Apa Penyebabnya? (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id - Belakangan ini memang sedang marak kue artis, di mana kue-kuekekinian ini dibangun oleh artis-artis lokal. 

Meskipun terlihat selalu banyak peminat, nyatanya kue artis kekinian ini malah dianggap sedang berada di ujung tanduk. 

Menurut pengakuan President of Industry Pastry Alliance, Chef Rahmat Kusnendi, bisnis kue yang ramai tahun 2017 lalu tersebut kini sepi peminat.  

"Kalau dilihat (secara kasar), (peminatnya) dari 100 persen, mungkin tersisa 30-40 persen," ungkap Rahmat di acara Blue Band Master, Jakarta, Senin (9/4/2018).  

Bukan tanpa sebab, bisnis kue yang dimiliki artis kian meredup. 

Para artis pemilik bisnis kue sejak awal memang mengincar penggemarnya.  

Namun, kondisi itu perlahan meredup karena beragam faktor.  

(Baca juga: Astaga! Menu Kesukaan Suami Bulenya Ndeso Banget, Marissa Nasution “Bule Macam Apa Kau?” )

(Baca juga: Nia Ramadhani Sampai Bilang “Gila” Begitu Lihat Kado Anniversary dari Ardi Bakrie, Tebak Isinya)

Salah satunya, Rahmat menganggap, bisnis tersebut tidak dibangun dengan pondasi yang kuat. Misalnya, tentang pengetahuan soal kue, bisnis, hingga inovasi. Ibarat membangun rumah, bisnis kue artis bak bedeng yang mudah ambruk ketika diterpa angin. 

"Kan si artis enggak ngerti riset dan pengembangan, juga bukan chef, yang penting dipakai fotonya," katanya.  

Padahal pengetahuan, inovasi, hingga pengembangan perlu dimiliki untuk bisa tetap bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis ini.