Belajar Jadi Pengusaha Muda Bareng Axton Salim, CEO PT Indofood
Sajiansedap.com - Sukses di usia muda tentu saja menjadi impian banyak orang.
Seperti salah satu pengusaha muda ini, Axton Salim.
Diusia yang masih terbilang muda, Axton sudah sukses dengan menyabet kursi sebagai Direktur Utama PT Indofood.
Baca Juga: Kitchenesia.com, Tunjukkan Kekayaan Kuliner Indonesia Di Mata Dunia Secara Rinci dan Informatif
Axton sering dapat panggilan menjadi pembicara sebagai tokoh inspiratif.
Dalam acara Ideafest 2019 yang diselenggarakan di JCC (4/10), Axton menjadi salah satu pembicaranya.
Ideafest 2019 memfasilitasi ruang bagi para pebisnis maupun calon pebisnis kuliner muda untuk menambah pengetahuan serta pengalaman melalui talk show dengan menghadirka para pembicara yang kapabilitasnya tidak diragukan lagi.
Axton menyadari, Spirit of Business di Indonesia itu sangat lah besar.
Terlihat dari menjamurnya bisnis-bisnis kuliner di negara ini.
“Spirit of Business di Indonesia sebenernya kuat sekali. Ada lebih dari 8 juta pengusaha kecil and sometimes we take it for granted they are important part of the economy group of Indonesia.”
Pengusaha muda ini melihat banyak sekali potensi bisnis dari terus berkembanganya inovasi makanan dan minuman menjadi suatu tren di kalangan anak muda.
Seperti mulai menjamurnya kedai-kedai kopi dipinggir jalan.
Melihat hal itu, Axton tergerak beri dukungan penuh untuk mengapresiasi fenomena tersebut.
Axtor beri kiat dan berbagi cerita pengalaman orang disekitarnya bagaimana menjadi pengusaha yang sukses.
“Tidak cepat menyerah, gigih, optimis. Itu 3 hal yang kita pelajari dari bisnis pertama kita.”
Dan Axton menambahkan kalau kemajuan digital juga menjadi salah satu potensi dalam berkembangnya bisnis di Indonesia.
“Digital solution adalah enablend for real economy. Jadi kita-kita ga boleh menyepelekan mereka”, tambahnya.
Baca Juga: Resep Perkedel Kentang Sosis Enak, Menu Pelengkap yang Selalu Jadi Rebutan
Kemajuan digital memeberikan efek yang sangat besar dalam kehidupan kita, hidup kita menjadi jauh lebih mudah.
Sama halnya dalam dunia bisnis, adanya kemajuan digital seperti memberi fasilitas menjadi lebih efisien dalam segala aspek.
Axton juga mengungkapkan kalau faktor off success bukan hanya dari memperhatikan, bisa juga karena passion, atau dari bagaimana kita membantu orang disekeliling kita.
Karena ide, bisa saja ada di depan mata kita.
“1. Drive to start, grit to follow trough
2. Small and unique ideas, then innovate
3. Passion
4. Taking the first step!”
Axton juga menceritakan salah satu kisah inspiratif dari salah satu pebinis muda, yaitu Ropang OTW.
"Pertemanan yang menghasilkan. Ada ide, grab it, and use marketing methods dan jadilah brand yang tidak kalah dengan luar negeri. Dan inovasinya juga lahir dari ide-ide yang kekinian" tutur Axton.
Baca Juga: Resep Soto Daging Koya Enak, Gurihnya Cocok Untuk Menu Makan Siang
Ropang OTW merupakan salah satu contoh binis yang lahir dari lingkup pertemanan.
Ide itu bisa datang dari kegiatan kita sehari-hari dan founder dari Ropang OTW ini sadar akan hal itu.
"Kita lihat ada satu kuliner yang ga pernah mati, mulai dari jalan kaki sampe naik mobil selalu makan roti bakar. Awalnya kita coba repackage yang lebih keren, kekinian dan tempatnya lebih nyaman. Nah, jadilah Ropang OTW ini" kata salah satu founder Ropang OTW.
Dan untuk kedepannya, Ropang OTW berencana membuaka 20 kios lagi.
KOMENTAR