SajianSedap.com - Sepanjang tahun 2022 McDonald’s Indonesia mendukung tingkat literasi anak melalui program kampanye “Inspirasi Literasi McD”.
Kampanye ini diwujudkan dalam bentuk beberapa program yang dilaksanakan oleh McDonald’s dengan menyasar target yang beragam.
Antara lain penggalangan donasi buku bacaan anak, beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud untuk orang tua.
Selain itu ada juga penyediaan prasarana layak melalui renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM).
Tentunya seluruh program dapat berlangsung dengan baik berkat dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak yang kredible di bidangnya masing-masing.
“Edukasi merupakan salah satu pilar pengembangan yang menjadi fokus McDonald’s Indonesia. Melihat rendahnya tingkat literasi anak Indonesia berdasarkan riset tahun 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah.
Mengacu pada hal ini, McDonald’s menyadari bahwa diperlukannya aksi nyata yang konsisten serta didukung dengan keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia.” ujar Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Selasa (20/12/2022).
Kampanye Inspirasi Literasi McD diawali dengan inisiatif pengumpulan donasi buku dari pelanggan McDonald’s.
Pada program ini, McDonald’s mengajak konsumen untuk dapat menyumbangkan buku bacaan anak yang masih layak baca di kotak donasi buku yang tersedia di 180 gerai McDonald’s di seluruh Indonesia.
Sebanyak 6.281 buku telah terkumpul dari konsumen hingga saat ini telah di distribusikan ke 120 Taman Baca Masyarakat yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Adapun pengelolaan buku dan penyebarannya, McDonald’s mendapatkan dukungan dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM).
Program donasi buku ini akan terus dilanjutkan hingga tahun depan dengan harapan dapat menyumbangkan lebih banyak buku berkualitas untuk anak-anak Indonesia.
“Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh McDonald’s bekerjasama dengan Forum TBM telah memberikan hasil nyata yaitu dengan memberikan alternatif buku bacaaan khususnya untuk anak di daerah, pada pelaksanaannya setiap kami mengambil dan mendistribusikan buku menjadi saat yang dinantikan oleh para relawan.
Kami juga melihat di lapangan, antusiasme dari pelanggan McD sangatlah baik, semoga tahun depan akan lebih banyak buku yang terkumpul melalui program ini.” Ungkap Aris Munandar selaku Ketua Bidang Program dan Kemitraan Pengurus Pusat Forum TBM.
Melanjutkan komitmen terhadap peningkatan literasi, McDonald’s juga mengadakan program khusus bagi para guru yang berupa beasiswa pelatihan bekerja sama dengan PGRI dan Klassku.
Kegiatan pelatihan ini telah diselenggarakan pada 27 Juni hingga 1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yang dapat dipilih oleh guru peserta, yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen Sains.
Beasiswa pelatihan ini telah diberikan kepada 1.000 guru SD dari berbagai daerah di Indonesia dan seluruh partisipan telah menerima sertifikat 64JP yang diterbitkan oleh PGRI dan dapat digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat guru.
Kegiatan lain yang yang tak kalah penting dalam perkembangan literasi anak Indonesia adalah praktik di kehidupan sehari-hari, sehingga nantinya anak dapat membangun kebiasaan membaca.
Untuk itu, McDonald’s mengadakan program workshop membaca nyaring atau yang lebih dikenal dengan sebutan read aloud
Menyampaikan pesan dari media tertulis atau bergambar dengan cara dibunyikan serta memperhatikan intonasi suara, gestur tubuh hingga ekspresi muka.
Kegiatan ini bertujuan untuk membangun ketertarikan anak terhadap buku sehingga Ia menyukai kegiatan membaca.
Kegiatan workshop read aloud yang diinisiasi oleh McDonald’s Indonesia telah dilaksanakan pada setiap bulan di gerai-gerai McDonald’s bersama dengan para Ibu yang tergabung dalam keanggotaan McKids.
Kegiatan Read Aloud ini diisi oleh praktisi read aloud dengan memberikan pemaparan materi dan juga praktik read aloud secara langsung, setidaknya lebih dari 200 Ibu telah terlibat dalam kegiatan ini.
Selain itu pada kesempatan ini anak-anak juga diajak untuk mendengarkan story telling dari Ronald McDonald.
Sebagai Read Aloud Professional dan Founder dari Hello Library, Brenda Ayu Pangemanan menyampaikan,
"Dari serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan, saya melihat keseriusan McDonald’s dalam meningkatkan literasi anak Indonesia, khususnya dalam hal menumbuhkan kecintaan pada membaca.
Upaya ini dilakukan melalui pengenalan metode read aloud yang mudah dan menyenangkan kepada para orang tua karena dalam pelaksanannya, orang tua memegang peran penting untuk mengembangkan kemampuan dasar literasi kepada anak.”
Selanjutnya dari segi prasarana, McDonald’s Indonesia juga turut menghadirkan McD Library dengan merenovasi salah satu Taman Baca Masyarakat (TBM).
Yakni Rumah Baca Zhaffa yang berlokasi di Tebet, Manggarai dan berada di bawah naungan Forum TBM.
Rumah Baca Zhaffa sudah aktif beroperasi sejak tahun 2010 dan saat ini kondisi bangunan pun sudah cukup memprihatinkan dan perlu direnovasi.
Karena itu, McDonald’s memilih Rumah Baca Zhaffa sebagai proyek pilot McD Library untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh.
Setelah direnovasi, taman baca ini diubah namanya menjadi Rumah Baca Zhaffa supported by McDonald’s.
Baca Juga: McDonald's Berikan Kejutan Goody Bag Sebagai Bentuk Apresiasi kepada BangDi dan NonDi
KOMENTAR