SajianSedap.com - Setiap saat kita pasti akan menggunakan listrik.
Baik siang maupun malam, listrik pasti akan dibutuhkan di rumah.
Kalau kita gak hemat, bisa-bisa tagihan membengkak.
Tentu tagihan ini akan memberatkan kita yang tidak melakukan persiapan sebelumnya.
Nah Sase Lovers gak perlu was-was lagi.
sekarang tagihan listrik bisa diprediksi lho.
Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk tahu perkiraan listrik bulan depan.
Wah bagaimana ya caranya?
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menambah fitur untuk menghitung estimasi tagihan listrik pada New PLN Mobile.
Estimasi tagihan itu dihitung dari meter listrik bulanan, yang dihitung dari laporan Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM).
Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan bahwa estimasi tagihan ini berfungsi untuk transparansi pemakaian listrik.
"Fitur SwaCAM kita hadirkan guna memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan. Sekarang pelanggan juga dapat mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya," kata Bob dari keterangan yang diterima Kompas.com,Sabtu (24/4/2021).
Mulai April 2021, pelanggan bisa melakukan pelaporan mandiri di PLN Mobile pada tanggal 24-27 setiap bulannya.
Hal ini dibenarkan oleh Vice President Public Relations PLN, Arsyadany G. Akmalaputri.
"Betul (sudah bisa cek estimasi tagihan di PLN Mobile)," kata Arsyadany, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/4/2021).
Adapun langkah untuk menggunakan fitur ini, yaitu:
- Unduh aplikasi PLN Mobile di App Store atau Play Store,
- Registrasi dengan mengisi nama lengkap, IDPEL atau nomor meter, lokasi persil (otomatis atau isi sesuai KTP),
- Isikan nomor handphone yang aktif digunakan, email atau dengan menyambungkan email,
- Buat password sebanyak 6 digit,
- Kemudian, ketik ulang password yang sebelumnya telah dimasukkan,
- Pilih menu Catat Meter (SwaCAM),
- Unggah foto stand meter,
- Jika sudah berhasil, maka akan muncul "Estimasi Tagihan Bulan Depan" dengan rincian perhitungan berdasarkan hasil SwaCAM yang dikirim dalam kondisi normal.
Sangat mudah, kan?
Selain cara cek perkiraan tagihan, Anda bisa memanfaatkan fitur lainnya.
Proses administrasi untuk penambahan daya bisa langsung dilakukan dengan PLN Mobile.
Anda gak perlu datang ke kantor PLN untuk mengurusnya.
Pengaduan gangguan dan keluhan terkait listrik dapat diadukan melalui aplikasi PLN Mobile.
Layanan ini aktif selama 24 jam kok.
Mereka akan memberi jawaban dan tanggapan dari aduan.
Pelanggan bisa mendapatkan pemberitahuan jika akan ada pemadaman dan pemeliharaan terencana dari PLN.
Hanya saja, layanan ini baru bisa diakses di pulau Jawa, Madura, dan Bali.
Pelanggan pascabayar bisa langsung membayar tagihan listriknya.
Bagi pelanggan prabayar bisa membeli token langsung dari Aplikasi PLN Mobile.
Transaksi dilakukan melalui virtual account, debit online, kredit via Doku, atau E-Wallet seperti LinkAja, OVO, dan GoPay.
5. Memonitor pemakaian listrik pascabayar
Bagi pelanggan PLN kategori pascabayar, tidak perlu lagi menyimpan struk pembayaran karena PLN Mobile terdapat fitur riwayat penggunaan listrik.
Riwayat ini menampilkan rincian Rupiah pembayaran dan energi listik (kWh) pelanggan setiap bulannya.
Artikel ini pernah tayang di Kompas.com dengan judul Cara Mengecek Perkiraan Tagihan Listrik Bulan Depan di PLN Mobile
Baca Juga: Jarang Dipencet, Satu Tombol di Remote AC ini Bikin Tagihan Listrik Jadi Lebih Hemat dari Bulan Lalu
Penulis | : | Laksmi Pradipta Amaranggana |
Editor | : | Virny Apriliyanty |
KOMENTAR